• https://theoejwilson.com/
  • slot demo
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • https://moodlesisschools.academiaerp.com/
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot pulsa
  • KORELASI MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS DI SMK NEGERI 3 BONE | Rahim | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    KORELASI MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS DI SMK NEGERI 3 BONE

    Ismail Rahim, Mansyur Mansyur, Muhammad Rian Hidayat

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran pemeliharaan chasis untuk siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Bone. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang berjumlah 30 orang. Untuk memperoleh gambaran tentang motivasi dan hasil belajar siswa serta hubungan kedua variabel tersebut maka digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar kategori sangat baik (36%), kategori baik (47%), kategori cukup (17%), dan tidak ada dengan kategori kurang, sedangkan hasil belajar kategori sangat baik tidak ada, kategori baik (3%), kategori cukup baik (97%), dan tidak ada dengan kategori kurang baik. Koefisien korelasi (r) antara X dengan Y (rxy) sebesar 0,398, karena nilai tersebut bernilai positif maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa.


    Full Text:

    PDF

    References


    Aritonang, K.T., 2008. Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur, 7(10), pp.11-21.

    Arsi, A. and HERIANTO, H., 2021. Langkah-langkah Uji Validitas Dan Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan SPSS.

    Arianti, A.R.I.A.N.T.I., 2019. Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), pp.117-134

    Fahyuni, E.F. and Istikomah, I., 2016. Psikologi Belajar & Mengajar (kunci sukses guru dalam interaksi edukatif).

    Hamdayama, J., 2022. Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.

    Haq, A., 2018. Motivasi belajar dalam meraih prestasi. Jurnal vicratina, 3(1), pp.193-214.

    Pujilestari, P., 2018. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika SMP Kelas VIII. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 7(1), pp.39-43.

    Said, S., 2019. Korelasi Antara Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Kota Bima. Jurnal Penkomi Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), pp.109-116.

    Syofyan, H., 2018. Analisis Gaya Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), pp.76-85




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i2.17611

    Refbacks



     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.