• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI | Kurniawan | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI

    Elfahmi Dwi Kurniawan, Elfrde Salvadora Siregar, Nopriyanti Nopriyanti

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran dalam jaringan (daring) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya yang belajar dengan pendekatan pembelajaran daring yaitu sebanyak 274 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 163 mahasiswa dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Waktu penelitian yaitu semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 pada bulan Oktober – November 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil minat belajar daring mahasiswa dalam proses pembelajaran daring Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya dikategorikan Baik dengan tingkat ketercapaian dengan persentase 80,42%. Diharapkan hasil penelitian ini mampu memberikan informasi bagi pendidik terkait proses pembelajaran daring kedepannya.


    Full Text:

    PDF

    References


    Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan Media Sosial (Youtube) Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Gresik. Jurnal ABDI, 5(1), 33. https://doi.org/10.26740/ja.v5n1.p33-37

    Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.

    Firdaus, H. N. S. (2021). Implementasi Pembelajaran Inovatif Pada Pengajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Untuk Pendidikan Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jptm.v8i2.15201

    Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

    Kurniawan, E. D., Nopriyanti, & Darlius. (2021). Kefektifan Pembelajaran Berbasis Produk Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 6(Oktober), 144–157. https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/view/44134

    Kuswana, W. S. (2013). Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi dan Kejuruan. Alfabeta.

    Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.

    Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. 244–251.

    Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

    Ramadhan, I., Nursuprianah, I., & Raharjo, H. (2020). Kecanduan Bermain, Game Online , Prestasi Belajar. Al Khawarizmi, 4(2), 153–170.

    Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 0(0), 61–67. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81

    Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

    Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.

    Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

    Tanjung, R., Ritonga, T., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ujung Batu Barus. MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 88–96.

    Ulinnuha, D. K., Harjanto, B., & Widiastuti, I. (2019). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Nozel, 01(01), 09–22.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v9i1.17643

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.