ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN TERINTEGRASI DUDIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINA

Haris Abizar, Sulaeman Deni Ramdani, Ananda Yhuto Wibisono Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan perangkat pembelajaran terintegrasi DUDIKA yang dapat menyiapkan lulusan yang kompeten. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan sampel guru SMK teknik pemesinan dan industri bidang manufaktur. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Data yang didapat dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan perangkat pembelajaran terintegrasi DUDIKA didapatkan melalui perencanaan dengan menyusun instrument dan kajian pustaka dari berbagai jurnal yang relevan, pengambilan data dengan melakukan wawancara ke guru dan industri serta data observasi pembelajaran di sekolah, dan desain perangkat pembelajaran berupa modul pembelajaran. Perangkat ini memuat pembelajaran teori dan praktik dengan mencantumkan kegiatan berbasis dunia kerja kepada siswa. Sehingga, perangkat ini sebagai upaya menjawab tantangan bagi lulusan SMK. 


Full Text:

PDF

References


Abizar, H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lesson Study Pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK. JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING EDUCATION (VANOS), 1(2), 103–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/vanos.v1i2.1013

Ahluwalia, L., Anggarini, D. R., & Aldino, A. A. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Islam Adiluwih Untuk Menghadapi Persaingan Global. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 297. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2210

Budi Santoso, H., Marsono, & Widiyanti. (2021). Study Implementation of Link and Match Teacher Expert from Dudika at Vocational Schools in Blitar Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(1), 10824–10835. https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.3136

Cholik, M., Pendidikan, S., Kejuruan, T., & Surabaya, U. N. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran memprogram mesin CNC dasar menggunakan CutViewer untuk siswa teknik pemesinan SMK Abstrak. 2(1), 1–4.

Dwijayanthi, A. A. A. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technology) Sebagai Upaya Realisasi Kemerdekaan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 270–281. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.606

Edeigba, J. (2022). The International Journal of Management Education Employers ’ expectations of accounting skills from vocational education providers : The expectation gap between employers and ITPs. The International Journal of Management Education, 20(3), 100674. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100674

Fajriah, U. ., & Sudarma. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Bimbingan Karir pada Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 421–432. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Karnando, J., Rezki, I. K., & Tasrif, E. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Selama Pembelajaran Jarak Jauh. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1–4. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.17

Karwanto, K., Akib, A., Hanifah, N., Martiningsih, D., & Lestari, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran (A. Wijayanto, M. Alam, M. Faizah, H. Hasan, & M. A. Mubarok (eds.)). Akademia Pustaka.

Lapisa, R., Basri, I. Y., Arif, A., & Saputra, H. D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 119–126. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.82

Mahapatra, G. P., & Dash, S. (2022). Round Table: Talent development in a changing world of work. IIMB Management Review, 34(1), 83–91. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2022.03.002

Marnewick, C. (2023). Student experiences of project-based learning in agile project management education. Project Leadership and Society, 4(March), 100096. https://doi.org/10.1016/j.plas.2023.100096

Mcgrath, S., & Yamada, S. (2023). International Journal of Educational Development Skills for development and vocational education and training : Current and emergent trends. International Journal of Educational Development, 102(July), 102853. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102853

Priyasudana, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Smk Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 4(03), 34–42.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Hernawan, A. H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Santos, C., Rybska, E., Klichowski, M., Jankowiak, B., Jaskulska, S., Domingues, N., Carvalho, D., Rocha, T., Paredes, H., Martins, P., & Rocha, J. (2023). Science education through project-based learning: A case study. Procedia Computer Science, 219(2022), 1713–1720. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.01.465

Sarah, S., Ngaisah, S., Studi, P., & Fisika, P. (2016). Penggunaan modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter mandiri siswa. 114–120.

Simovic, V., Domazet, I., Bugarcic, M., Safi, M., Sarhan, H., Bhagat, R., & Bradic-Martinovic, A. (2022). The Association of Socio-Demographic Characteristics of University Students and the Levels of Their Digital Entrepreneurial Competences. SSRN Electronic Journal, 9(10), e20897. https://doi.org/10.2139/ssrn.4307118

Simuth, J. (2015). E-learning Tool for Improving Managerial Strategic Thinking Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 703–706. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.072

Tudor, L. S. (2015). Perception of educational factors on the introduction of electronic learning tools in the context of the new curriculum for primary education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 187, 454–458. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.085

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Siswa Kelas X Studi Kasus Di Smk Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8526

Zen, Z., & Ariani, F. (2022). Heliyon Academic achievement : the effect of project-based online learning method and student engagement. 8(August). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11509

Zulkarnain, I., Suryaningsih, Y., Noorbaiti, R., & Rahadian, L. N. N. R. (2020). Bimbingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, And Creativity) Bagi Guru Peserta MGMP Matematika SMA Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37. https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1804




DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v10i2.22786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.