PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK SISWA DI SMK NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

Bahrun Bahrun, Imam Syofii, Darlius Darlius

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di SMK Negeri 1 Indralaya Utara melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada kompetensi menerapkan alat ukur mekanik dan fungsinya. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TO 2 SMK Negeri 1 Indralaya Utara tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 24 orang, dengan pokok bahasan vernier caliver, micrometer dan dial indicator. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan setiap satuan siklus terdiri dari serangkaian kegiatan meliputi; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum diberikan tindakan (T0) sebesar 45,83% dengan nilai rata-rata kelas 71,67. Selanjutnya setelah diberi tindakan pada siklus I (T1) sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata kelas 76,67, pada siklus II (T2) sebesar 79,19% dengan nilai rata-rata kelas 81,25, pada siklus III (T3) sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata kelas 90,83 sehingga menunjukan T3> T2> T1>T0. Keaktifan belajar mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 46,47%, pada siklus II sebesar 50,88% dan pada siklus III sebesar 59,94% ini menunjukan keaktifan siswa termasuk kategori cukup aktif.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Aktivitas dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i1.5323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.