PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL DRILL AND PRACTICE PADA MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang interaktif dengan menggunakan model drill and practice pada mata kuliah pengukuran teknik. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya angkatan 2014 tahun ajaran 2015/2016. Subjek dari penelitian ini adalah aplikasi multimedia interaktif model drill and practice yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model Rowntree menurut Prastowo dengan tahapan perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes dengan instrument berupa lembar validasi ahli. Wawancara digunakan untuk mengetahui kekurangan dari produk. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Instrument lembar validasi ahli yang juga berupa angket untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media dan materi produk. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini adalah: 1) Berdasarkan hasil dari evaluasi ahli, multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dari aspek materi dan layak dari aspek media. 2) Dari hasil evaluasi kelompok kecil melalui angket didapatkan persentase sebesar 89% dan dinyatakan multimedia interaktif sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran 3) Dari hasil uji coba lapangan melalui serangkaian tes berupa pre test dan post test didapatkan hasil rata-rata dari rumus N-gain sebesar 0,73 dan dinyatakan dalam kategori tinggi. Jadi, multimedia interaktif yang dikembangkan dikategorikan layak, sangat praktis dan memiliki efek potensial yang tinggi.
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i1.5344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.