PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF KELAS XI DI SMK YP GAJAH MADA PALEMBANG

Nazrul Fahmi Husbi, Harlin Harlin, darlius Darlius

Abstract


Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R & D). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk software pembelajaran multimedia interaktif berbentuk Flash untuk mata pelajaran kelistrikan otomotif  Di SMK YP Gajah Mada Palembang dalam bentuk CD yang valid untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Lokasi penelitian dilakukan di SMK YP Gajah Mada Palembang pada tahun ajaran 2013/2014. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan multimedia interaktif dalam bentuk flash pada mata pelajaran kelistrikan otomotif. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) yang terdiri dari validasi ahli dan siswa. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran multimedia interaktif dalam bentuk flash ini dikemas dalam bentuk sebuah CD (Compact Disc). Media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran kelistrikan otomotif yang didesain dinyatakan valid karena telah diuji kevalidannya oleh ahli media dengan hasil valid sebesar 83,3%, ahli materi pembelajaran dengan hasil valid  sebesar 90 %, uji kelompok kecil dengan hasil valid sebesar 90,9% dan uji kelompok besar dengan hasil valid sebesar 87,27%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif yang didesain valid digunakan untuk mata pelajaran  kelistrikan otomotif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i1.5348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.