PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE CRAZYTALK ANIMATOR MATA KULIAH TEKNOLOGI MOTOR BENSIN DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Ovita Laura, Ali Fikri Asri, Darlius Darlius

Abstract


Penelitian  ini  merupakan  penelitian  dan  pengembangan  (Research  and  Development) bertujuan  untuk  menghasilkan  media video pembelajaran dengan software crazytalk animator  pada  mata  kuliah  teknologi motor bensin.  Penelitian  dilakukan  di Program  Studi  Pendidikan  Teknik  Mesin  Universitas  Sriwijaya  angkatan  2014  tahun ajaran 2015/2016. Subjek dari penelitian ini adalah media video pembelajaran software crazytalk animator  yang  dikembangkan.  Penelitian  ini  menggunakan  model  Rowntree menurut  Prastowo  dengan  tahapan  perencanaan,  pengembangan  dan  evaluasi.  Teknik pengumpulan data  menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini adalah: 1) Berdasarkan hasil dari evaluasi  ahli, media video pembelajaran software crazytalk animator  yang  dikembangkan  dinyatakan  layak  dari aspek materi dengan persentase 80% dan sangat layak dari aspek media dengan persentase 85%. 2) Dari hasil evaluasi kelompok kecil melalu angket  didapatkan  persentase  sebesar  80,68%  dan  dinyatakan media video pembelajaran software crazytalk animator praktis  untuk  digunakan  dalam  proses  pembelajaran  3)  Dari hasil  uji  coba  lapangan melalui serangkaian tes berupa pre test dan post test didapatkan hasil rata-rata dari rumus N-gain  sebesar  0,533  dan  dinyatakan  dalam  kategori  sedang.  Media video pembelajaran software crazytalk animator yang dikembangkan dikategorikan layak, praktis dan memiliki efek potensial yang sedang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i1.5350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.