PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MIND MAP PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENERANGAN DAN SINYAL DI PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK LINGUA PRIMA INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Mind Map yang baik dan sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran sistem penerangan dan sinyal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Lokasi penelitian dilaksan akan di Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK LINGUA PRIMA pada tahun ajaran 2014-2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas dua. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, wawancara, angket dan observasi. Validasi ahli digunakan untuk mengetahui kevalidan LKS. Wawancara digunakan untuk mengetahui permasalahan dan kekurangan pada LKS. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKS. Sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui efek potensial LKS. Hasil penelitian ini adalah: (1) berdasarkan evaluasi pada tahap expert review LKS telah dinyatakan valid dari aspek content (isi materi) dan desain dan dilaksanakan revisi sesuai saran dan komentar dari para ahli. (2) dari evaluasi tahap small group dan field test, didapat rata-rata persentase skor angket sebesar 90,5%, sehingga LKS berbasis Mind Map yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan praktis. (3) pada proses evaluasi menggunakan observasi didapat siswa yang mendapat nilai ? 60 sebanyak 100%, sehingga LKS memiliki efek potensial digunakan dalam pembelajaran sistem penerangan dan sinyal.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i2.5357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.