PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH DIAGNOSIS KENDARAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI

Anggi Kurniawan Armando

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang cocok dan sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran mata kuliah diagnosis kendaraan. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Lokasi penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya pada mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2012 tahun ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan menjadi Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perancangan, tahap produksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, angket, dan wawancara. Validasi ahli dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk dan kelayaknnya. Angket digunakan untuk mengetahui respon dan tanggapan mahasiswa terhadap produk. Wawancara dilakukan untuk menggali permasalahan dan kekurangan produk. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan evaluasi pada tahap validasi ahli dan ujicoba perorangan MPI telah dinyatakan valid dari aspek desain media dan materi (konten) dan dilakukan revisi sesuai saran dan komentar dari ahli dan mahasiswa. (2) Dari evaluasi tahap kelompok kecil didapat rata-rata persentase skor angket sebesar 86%, dan dari tahap evaluasi ujicoba lapangan didapat rata-rata persentase skor 81% jadi, MPI yang dikembangkan oleh peneliti dikategorikan sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i2.5358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.