• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN | Bangun | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

    Rea Bangun, darlius darlius, Harlin Harlin

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar multimedia interaktif menggunakan Lectora Inspire dalam  upaya peningkatan hasil belajar pada mata kuliah Teknologi Motor Diesel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2013 dan dilakukan di ruang program studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Peneltian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan,pengembangan dan evaluasi. Setelah melakukan pengembangan dilakukan tahap evaluasi sesuai tahapan evaluasi Tessmer, yaitu : Evaluasi Ahli (Expert Evaluation), Evaluasi perorangan (One to one), Evaluasi kelompok kecil (Small Group), dan uji coba lapangan (Field Test). Pada tahap evaluasi ahli meteri dan media didapat persentasi rata rata kedua jumlah validasi sebesar 87,2% dengan kategori valid, dan uji coba kelompok kecil (small group) dan uji coba lapangan (field test) didapat rata rata sebesar 86, 61% yang masuk dalam kategori sangat praktis, nilai rata rata post test 80% mahasiswa telah memperoleh nilai ?56 dengan rata rata nilai pretest sebesar 49,5 dan post test 65,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Lectora Inspire pada mata kuliah teknologi motor diesel sudah valid, praktis, efektif dan memiliki potensi meningkatkan hasil belajar.

    Full Text:

    PDF PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i2.5359

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.