PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR KELAS XI TKR SMK YPS PRABUMULIH

Aidil Shaputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ajar dengan penggunaan metode eksperimen ( Kelas Eksperimen 1 )  dan metode demonstrasi ( Kelas Eksperimen 2) terhadap mata pelajaran sistem bahan bakar pada kompetensi menganalisa komponen-komponen sistem bahan bakar di SMK YPS Prabumulih serta mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dari penggunaan kedua metode tersebut.  Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan demonstrasi dimana terdapat dua sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK YPS Prabumulih yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa 98 dengan rincian kelas TKR 1 berjumlah 32 siswa TKR 2 berjumlah 31 siswa dan TKR 3 berjumlah 35 siswa Hasil yang telah didapatkan dari penggunaan metode Eksperimen yaitu pada prtemuan pertama menunjukan persentase siswa yang sangat aktif yaitu, 43,12% siswa yang aktif 46,87% siswa yang cukup aktif 9,37%. Lalu pada pertemuan kedua, persentase siswa yang sangat aktif yaitu 53,12% siswa yang aktif 43,75% siswa yang cukup aktif 3,12% kemudian pada pertemuan ketiga, persentase siswa yang sangat aktif yaitu 59,37% siswa yang aktif 40,62% yang cukup aktif 0% dan metode Demonstrasi pada pertemuan pertama yaitu siswa yang sangat aktif 37,14% siswa yang aktif 46,87% siswa yang cukup aktif 14,28% pada pertemuan kedua siswa yang sangat aktif yaitu 54,28% siswa yang aktif 45,71%siswa yang cukup aktif 11,42% pada pertemuan ketiga siswa yang sangat aktif 65,62% siswa yang aktif 37,14% siswa yang cukup aktif 3,12%. Di dapat rata-rata persentase aktivitas siswa yang menggunakan metode pembelajaran Eksperimen yaitu 80,24% dan pada metode pembelajaran Demonstrasi yaitu 77,86% dari hasil penelitian tersebut bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Ini dibuktikan dari hasil uji t-test yang memiliki nilai t-tabel 1,670 dan nilai t-hitung 0,791


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v3i2.5364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online