PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG
Abstract
Abstrak:Model pembelajaran Two Stay Two Stray bertujuan untuk merangsang siswa agar berani bertindak dan berani mengungkapkan apa yang mereka ketahui dalam kegiatan belajar kelompok. Dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray ini, guru harus mengusahakan upaya-upaya yang dapat mengantarkan kegiatan anak didik ke arah tercapainya penguasaan penuh terhadap bahan pelajaran yang diperlukan. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Two stay Two Stray dan hasil belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 3 sebagai kelas kontrol, masing-masing ssmpel berjumlah 20 siswa. Sampel menggunakan teknik simple randomsampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Dari tes tersebut didapatkan nilai rata-rata 73,6 dan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah rata-rata nilainya 65. Dengan demikian hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas X di SMK Negeri 2 Palembang.” Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji’t’ didapat thitung = 2,98 dan ttabel = 1,68. Jelas thitung> ttabel atau 2,98 > 1,68 maka tolak Ho dan terima Ha.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Kelas X TKR di SMK Negeri 2 Palembang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.5424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.