IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA TEKNIK OTOMOTIF DI SMKN 2 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Skripsi ini berjudul “Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Siswa Teknik Otomotif di SMKN 2 Palembang”. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran siswa teknik otomotif di SMKN 2 Palembang kelas X.TMO.1 dan X.TMO.2. Tujuan penelitihaniniadalahuntukmengetahui persiapan perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaanpembelajaranserta kualitas pembelajaran dari implementasi kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan tiga cara yaitu, dokumentasi, observasi dan penyebaran angket. Hasil dari penelitian ini adalah (1) untuk persiapan perencanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di SMKN 2 Palembang secara keseluruhan indikator sudah baik dengan mendapat nilai 77 namun, indikator yang masih lemah adalah perumusan indikator dengan mendapat skor 6 dari 12 skor maksimum (50%) (2)untuk hasil dari pelaksanaan proses pembelajaran dari implementasi kurikulum 2013 di SMKN 2 Palembang secara keseluruhan mendapatpersentase 68,40% dikatagorikan baik namun indikator yang masih lemah adalah penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan dengan persentase 25%, (3) untuk hasil dari kualitas pembelajaran secara keseluruhan sudah baik dengan skor 4,24.Secarakeseluruhanimplementasi kurikulum 2013 di SMKN 2 Palembang telah sesuai dengan acuan kurikulum 2013.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum 2013, Proses Pembelajaran
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v1i2.5427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.