Relevansi Kurikulum Prodi PTMO FKIP UNSRI dengan Kompetensi Profesional Guru SMK di Kota Palembang

Farhan Yadi

Abstract


Farhan Yadi

FKIP Universitas Sriwijaya

Email/Telp.: yadi_farhan@yahoo.com/081277327624

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cakupan kompetensi profesional guru SMK kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Palembang dan relevansinya dengan kompetensi pada kurikulum prodi PTMO FKIP 2011 Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua jenis populasi yaitu 127 guru SMK dengan mata diklat Teknik Kendaraan Ringan di Kota Palembang dan 12 dosen prodi PTMO FKIP UNSRI. Sampel guru sebanyak 62 guru ditentukan dengan teknik simple random sample, sedangkan sampel dosen sebanyak tujuh dosen ditentukan dengan teknik purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Persentase cakupan kompetensi profesional guru yang relevan sebesar 74,65%. (2) Persentase relevansi kurikulum prodi PTMO FKIP UNSRI dengan Kompetensi Profesional Guru SMK di Kota Palembang sebesar 52,82% termasuk dalam kategori relevan meskipun jumlah kompetensi yang tidak tersedia masih cukup banyak khususnya pada bidang kompetensi kelistrikkan.

 

Kata Kunci: relevansi, kurikulum, dan kompetensi profesional


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v1i1.5432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.