• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA JOBSHEET DENGAN KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN | Rumintari | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA JOBSHEET DENGAN KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

    Pramadya Rumintari, Harlin Harlin, mochamad amri Santosa

    Abstract


    Pramadya Rumintari, S.Pd.*

    Drs. Harlin, M.Pd**

    M. Amri Santosa, S.T., M.Pd. ***

     

    Email : pramadyarumintari@ymail.com

     

    ABSTRAK

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai hubungan (korelasi) dan ada tidaknya hubungan antara pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dengan keterampilan praktik siswa di kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. Pada kompetensi memelihara/servis unit kopling dan komponen-komponen pengoperasiannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif inferensial. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara yang berjumlah 93 siswa, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas XI TKR 2 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan tipe purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui teknik tes (post test) dan observasi. Data yang diambil adalah hasil post test siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dan hasil observasi kegiatan praktik untuk mengetahui tingkat keterampilan praktik siswa. Dari analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% serta dk(n-2) = 27, dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi (rxy) sebesar 0,538 dan hasil analisis uji hipotesis (thitung) sebesar 3,931, nilai 3,931diperoleh dari uji signifikansi dengan uji t (thitung>ttabel), dimana ttabel = 2,052 sehingga 3,931 > 2,052. Hal ini menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y memiliki hubungan. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dengan keterampilan praktik siswa di kelas XI TKR SMK N 1 Indralaya Utara. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar jobsheet selalu dimanfaatkan dalam setiap kegiatan praktik siswa, jobsheet yang baik adalah jobsheet yang menggunakan bahasa dan gambar yang jelas agar mudah dipahami oleh siswa sehingga keterampilan praktik siswa dapat tercapai.

    Kata-kata kunci:Pemahaman siswa dalam membaca jobsheet, keterampilan praktik siswa, danjobsheet.


    Full Text:

    XML


    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v1i1.5436

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.