PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH SISTEM REM, KEMUDI DAN SUSPENSI DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Abdul Aziz

Abstract


Pengembangan multimedia interaktif telah dilakukan dan diterapkan untuk media pembelajaran Sistem Rem Antilock Braking System mata kuliah Sistem Rem, Kemudi dan Suspensi di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNSRI. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Lokasi penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data melalui expert review, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan materi adalah 85,555% dengan kategori sangat valid dan kevalidan media adalah 83,333% dengan kategori sangat valid. Hasil tersebut menyatakan produk memiliki validitas sebesar 84,444% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dapat dilihat pada tahap one to one evaluation didapat dari hasil wawancara dan tahap small group sebesar 82,5% dengan kategori praktis. Efektivitas dapat diukur pada field test melalaui beberapa tes berupa pre test dan post test didapatkan hasil rata-rata dari rumus N-gain sebesar 0,563 dengan kategori sedang.

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program of Mechanical Engineering Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia

P ISSN : 2355-7389

E ISSN : 2656-5153 

Indexed in:

  

Recomended Tools:

 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.