MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM MATA PELAJARAN TDO SMKN 2 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini menggunakan quantum untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran TDO di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian dilakukan sebanyak enam tahap yang disingkat menjadi TANDUR yaitu tanamkan, alami, namai, demontrasi, usaha, dan rayakan. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini bahwa penggunaan quantum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tingkat keaktifan siswa pada siklus I sebesar 39%, siklus II sebesar 59%, siklus III sebesar 76%. Peningkatan hasil belajar dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan tiap siklus dimulai dari T0 29% dengan rata-rata 60,55 , T1 mencapai 60% dengan rata-rata 74, T2 mencapai 81% dengan rata-rata 78,6, dan pada siklus III mencapai 87% dengan rata-rata 83,12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan quantum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v5i2.6692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.