MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM MATA PELAJARAN TDO SMKN 2 PALEMBANG

Regita Tri Utami, Harlin Harlin, Imam Syofii

Abstract


Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini menggunakan quantum  untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran TDO di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian dilakukan sebanyak enam tahap yang disingkat menjadi TANDUR yaitu tanamkan, alami, namai, demontrasi, usaha, dan rayakan. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini bahwa penggunaan quantum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tingkat keaktifan siswa pada siklus I sebesar 39%, siklus II sebesar 59%, siklus III sebesar 76%. Peningkatan hasil belajar dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan tiap siklus dimulai dari T0 29% dengan rata-rata 60,55 , T1 mencapai 60% dengan rata-rata 74, T2 mencapai 81% dengan rata-rata 78,6, dan pada siklus III mencapai 87% dengan rata-rata 83,12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan quantum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program of Mechanical Engineering Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia

P ISSN : 2355-7389

E ISSN : 2656-5153 

Indexed in:

  

Recomended Tools:

 

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.