• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH KINEMATIKA DAN DINAMIKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA | Prastyo | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH KINEMATIKA DAN DINAMIKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

    Alvin Aldo Prastyo, HARLIN HARLIN, YUSUF DARLIUS

    Abstract


    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk. Subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Teknik mesin 2015. Objek penelitian berupa Petunjuk Praktikum Kinematika dan Dinamika. Penelitian ini menggunakan model rowntree yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif (Tessmer) yang terdiri dari expert review, one to one, small group dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam tahap evaluasi berupa lembar angket. Expert review dilakukan untuk mengetahui kevalidan produk sedangkan one to one, small group dan field test untuk mengetahui kepraktisan produk. Hasil penelitian tahap expert review dinyatakan valid. Hasil penelitian tahap one to one, small group dan field test dinyatakan praktis. Secara keseluruhan Petunjuk Praktikum dinyatakan valid dan praktis digunakan pada mata kuliah Kinematika dan Dinamika



    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v6i1.6976

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.