PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH PERLAKUAN PANAS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah pengembangan petunjuk praktikum pada mata kuliah perlakuan panas di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya yang valid dan praktis. Metodelogi penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan megacu pada Rowntree dan evaluasi Tessmer, terdiri dari validasi materi,validasi desain, one to one , small group dan filed test. Penelitian ini pada tahun 2018. Subjek penelitian ialah mahasiswa angkatan 2015. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Objek peneitian ini adalah produk pengembangan petunjuk praktikum. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan produk yang dikembangkan dinilai oleh dua orang ahli yakni ahli materi dan desain. Kevalidan materi 82.30 % dengan kategori sangat valid, kevalidan desain 75.77 % kategori valid, dan kepraktisan 75.77 % dari one-to-one kategori praktis, small group 84.09 % kategori praktis serta filed test sebesar 84.88 % kategori sangat praktis, ini menunjukan prangkat pembelajaran dalam bentuk petunjuk praktikum ini valid dan praktis maka dapat digunakan dalam pembelajaran perlakuan panas.
Kata Kunci: Pengembangan, petunjuk praktikum, perlakuan panas dan prangkat pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v6i1.6981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.