• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH MATERIAL TEKNIK PADA PROSES ANNEALING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA | Abdullah | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH MATERIAL TEKNIK PADA PROSES ANNEALING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

    BZ. Septeiyawan Abdullah, harlin harlin, Darlius Darlius

    Abstract


    Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang pada mata kuliah material teknik. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya pada angkatan 2015 tahun ajaran 2016/2017. Subjek dari penelitian ini adalah aplikasi multimedia interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes dengan instrument berupa lembar validasi ahli. Wawancara digunakan untuk mengetahui kekurangan dari produk. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Instrument lembar validasi ahli yang juga berupa angket untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media dan materi produk. Hasil penelitian yang telah dilakukan ini adalah: 1). Berdasarkan hasil dari evaluasi ahli, multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dari aspek materi dan layak dari aspek media. 2). Dari hasil evaluasi kelompok kecil melalui angket didapatkan persentase sebesar 86,22%. dan dinyatakan multimedia interaktif sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 3). Dari hasil uji coba lapangan melalui serangkaian tes berupa pre test dan post test didapatkan hasil rata-rata dari rumus N-gain sebesar 0,716dan dinyatakan dalam kategori tinggi. Jadi, multimedia interaktif yang dikembangkan dikategorikan layak, sangat praktis dan memiliki efek potensial yang tinggi.



    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.7182

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.