HUBUNGAN PROSES PRAKTIKUM MATA KULIAH PEMESINAN 1 TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan proses praktikum mata kuliah pemesinan 1 terhadap kepuasan mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya dan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional serta metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket dengan skala likert. Populasi pada penelitian adalah mahasiswa PTM FKIP Unsri angkatan 2017 dengan sampel mengambil seluruh populasi yaitu 64 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara proses praktikum mata kuliah pemesinan 1 terhadap kepuasan mahasiswa yang diketahui bahwa terdapat nilai korelasi sebesar 0,617 dengan taraf signikasi 0,05, dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak maka penelitian ini memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat hubungan yang kuat.
Kata Kunci : Proses Praktikum, Kepuasan Mahasiswa, Deskriptif Kuantitatif.
ABSTRACT
This study aims to determine the relationship between machining practicum process 1 and the satisfaction of Sriwijaya University's Mechanical Engineering Education students and this type of research is correlational research and the method in this study is quantitative descriptive method. Data collection techniques using observation and questionnaires with Likert scale. The population in the study were PTM FKIP Unsri students in the class of 2017 with samples taking the entire population of 64 students. The results showed that there was a positive relationship between the machining practicum process 1 on student satisfaction which is known that there is a correlation value of 0.617 with a significance level of 0.05, it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected, this study has a significant relationship with strong level of relationship.
Keyword : Practical Process, Student Satisfaction, Descriptive Quantitative.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri Djamah Syaiful, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakata: PT. Rineka Cipta.
Engkos Ridwan. 2011. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta
Fandytjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Fandytjiptono. 2017. Service Management. Yogyakarta: Andi.
Hamalik Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Herlambang Susatyo. 2018. Customer Service. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Salemba Empat.
Sagala Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Slamoto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka.
Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Tarsito Bandung
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharso. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.7592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.