STUDI EKSPLORASI TERHADAP MINAT MENJADI GURU TEKNIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI TAHUN 2018

Ivandi Oktrianto, Imam Syofii, Darlius Darlius

Abstract


STUDI EKSPLORASI TERHADAP MINAT MENJADI GURU TEKNIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI TAHUN 2018

 

Ivandi Oktrianto, Imam Syofii, Darlius

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNSRI

Ivandioktrianto@gmail.com, isyofii@gmail.com, darlius961@gmail.com

 

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi minat mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin untuk menjadi guru teknik. Metode penelittian menggunakan metode penelitian kombinasi dengan desain penelitian concurrent triangulation. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif untuk metode kuantitatif dan analisis model Miles dan Huberman untuk kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan wawancara. Populasi pada penelitian adalah mahasiswa PTM FKIP UNSRI angkatan 2016 dan 2017 dengan sampel sebanyak 86 orang dan informan sebanyak 15 orang. Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi guru teknik yaitu keinginan dari diri sendiri (internal), bakat, kegiatan perkuliahan, dorongan dari lingkungan hidup dan persepsi tentang profesi guru. Hasil penelitian menunjukkan besarnya minat mahasiswa PTM untuk menjadi guru sebagaimana yang telah dijelaskan pada pembahasan penelitian, telah diketahui bahwa 76,74% mahasiswa PTM Angkatan 2016 berminat menjadi guru, dan 78,61% mahasiswa PTM Angkatan 2017 berminat menjadi guru. Dan diketahui juga bahwa untuk angkatan 2016 yang lebih berminat menjadi guru adalah mereka yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan persentase 79,56%, serta yang lebih berminat yaitu mahasiswa yang berasal dari kelas Palembang dengan persentase 78,37% dan yang lebih berminat didominasi oleh mahasiswa Perempuan dengan persentase 79,23%. Untuk angkatan 2017 yang lebih berminat menjadi guru adalah mereka yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan persentase 82,44% serta yang lebih berminat yaitu mahasiswa yang berasal dari kelas Indralaya dengan persentase 78,61% dan didominasi oleh mahasiswa perempuan dengan persentase 78,65%.

 

Kata Kunci : Studi Eksplorasi, Minat, Guru Teknik

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohamad. 2013. “Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi”. Bandung: Penerbit Angkasa.

Alim, AF., Syah N., dan Yustina, H., 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Profesi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (S1) Jurusan Teknik Sipil FT UNP. FT UNP., hal. 2.

Dalyono, M. 2005. “Psikologi Pendidikan”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMK. 2018. Perkembangan SMK, Siswa dan Guru. https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2711/perkembangan-smk-siswa-dan-guru. Diakses pada 25 Agustus 2018

Djaali. 2007. “Psikologi Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful B. 2011. “Psikologi Belajar”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Guntari, Ari. 2014. Studi Eksplorasi Minat Siswa SMK di Kota Bandung. Skripsi, Bandung:JPTM FPTK UPI.

Hamalik, Oemar. 2010. “Proses Belajar Mengajar”. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, E B. “Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan”. Diterjemahkan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo, 2015. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring Edisi III” https://kbbi.web.id. Diakses pada 25 Agustus 2018.

Kompas.com, 2017. Indonesia Masih Butuh Banyak Guru SMK. 29 November. https://edukasi.kompas.com/read/2017/11/29/07092571/indonesia-masih-butuh-banyak-guru-smk. Diakses pada 25 Agustus 2018.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2003, No. 4301. Sekretariat Negara. Jakarta.

Riadi, Edi. 2015. “Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS)”. Jakarta: Penerbit Andi.

Slameto. 2010. “Belajar. Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta

. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombonasi (Mixed Methods)”. Bandung: Alfabeta.

. 2013. “Statistika untuk Penelitian”. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujanto, Agus. 2001. “Psikologi Umum”. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. 2013. “Psikologi Pendidikan”. Cet.ke-18. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim ICT FKIP UNSRI. 2015. “Buku Pedoman 2015-2016 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan”. Indralaya: Universitas Sriwijaya.

Uno, Hamzah B. 2015. “Profesi Kependidikan”. Jakarta: Bumi Aksara.

UNSRI. 2015. “Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan”. Indralaya: Penerbit Unsri.




DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v8i2.8743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.