• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGUKURAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK AL A’RAAF SUKOHARJO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA | Dhida | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    PENGUKURAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK AL A’RAAF SUKOHARJO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA

    Tasya Tsamara Dhida, Riska Indrias Wuri

    Abstract


    Menulis permulaan merupakan suatu kegiatan yang masih dianggap sukar dilakukan oleh anak usia dini. Hal ini dikarenakan untuk melakukan kegiatan menulis, seorang anak usia dini perlu memiliki kesiapan dan kekuatan otot motorik halus. Untuk mengetahui tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh anak usia dini, perlu dilakukan kegiatan pengukuran. Pengukuran bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan atau hambatan yang terjadi pada anak usia dini sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk menangani anak usia dini sesuai kemampuannya. TK Al A’Raaf Sukoharjo memiliki sekelompok anak usia dini yang perlu diukur kemampuan menulisnya sebagai evaluasi bagi pendidik untuk memberikan penanganan yang tepat bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur capaian perkembangan menulis permulaan pada anak usia dini. Pengukuran dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pada anak usia dini kelompok A di TK Al A’Raaf Sukoharjo sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hampir seluruh anak usia dini kelompok A sudah mampu menuliskan beberapa huruf secara mandiri.


    Keywords


    menulis permulaan, pengukuran bahasa, anak usia dini

    References


    Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

    Eni Zubaidah. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIPUNY

    Masnipal. (2018). MENJADI GURU PAUD PROFESIONAL. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

    Otto, Beverly. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Edisi Ketiga. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUP

    Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini (1 ed.). Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

    Permendikbud No. 146 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (2014). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

    Permendiknas No. 58 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (2010).

    Kementerian Pendidikan Nasional

    Purwo, Bambang Kaswanti. 1997. Pelba 10. Jakarta: Lembaga Bahasa UnikaAtma Jaya. Jakarta. Hlm. 2.

    Suryadi. (2016). Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Islam Sunan Kalijaga

    Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

    http://tknegeripembinablog.blogspot.com/2016/02/pedoman-penilaian-pembalajaran.html?m=1




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.10445

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter