PENGUKURAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK AL A’RAAF SUKOHARJO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA

Tasya Tsamara Dhida, Riska Indrias Wuri

Abstract


Menulis permulaan merupakan suatu kegiatan yang masih dianggap sukar dilakukan oleh anak usia dini. Hal ini dikarenakan untuk melakukan kegiatan menulis, seorang anak usia dini perlu memiliki kesiapan dan kekuatan otot motorik halus. Untuk mengetahui tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh anak usia dini, perlu dilakukan kegiatan pengukuran. Pengukuran bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan atau hambatan yang terjadi pada anak usia dini sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk menangani anak usia dini sesuai kemampuannya. TK Al A’Raaf Sukoharjo memiliki sekelompok anak usia dini yang perlu diukur kemampuan menulisnya sebagai evaluasi bagi pendidik untuk memberikan penanganan yang tepat bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur capaian perkembangan menulis permulaan pada anak usia dini. Pengukuran dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pada anak usia dini kelompok A di TK Al A’Raaf Sukoharjo sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hampir seluruh anak usia dini kelompok A sudah mampu menuliskan beberapa huruf secara mandiri.


Keywords


menulis permulaan, pengukuran bahasa, anak usia dini

References


Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Eni Zubaidah. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIPUNY

Masnipal. (2018). MENJADI GURU PAUD PROFESIONAL. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Otto, Beverly. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Edisi Ketiga. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUP

Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini (1 ed.). Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Permendikbud No. 146 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (2014). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Permendiknas No. 58 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (2010).

Kementerian Pendidikan Nasional

Purwo, Bambang Kaswanti. 1997. Pelba 10. Jakarta: Lembaga Bahasa UnikaAtma Jaya. Jakarta. Hlm. 2.

Suryadi. (2016). Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Islam Sunan Kalijaga

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

http://tknegeripembinablog.blogspot.com/2016/02/pedoman-penilaian-pembalajaran.html?m=1




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.10445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan ayumahyumi@gmail.com

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 

View My Stats
Flag Counter