ANALISIS TAHAP MENULIS KEAKSARAAN AWAL DAN STIMULASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-HILAL 1 KARTASURA
Abstract
Kemampuan menulis keaksaraan awal dapat dikembangkan pada anak sejak memasuki masa usia dini. Penulis mengkaji judul di atas karena ingin melihat dan menganalisis sejauh mana proses tahap perkembangan menulis keaksaraan awal yang dicapai anak berdasarkan indikator perkembangan menulis yang terjadi di TK Islam Al- Hilal 1 Kartasura. Tujuan dari penelitian ini adalah mengobservasi sejauh mana proses tahapan menulis pada anak TK khususnya kelompok B yang berusia 5- 6 tahun, menganalisis sesuai tahapan perkembangan menulis keaksaraan awal pada anak serta stimulasi tepat yang dilakukan guru guna mengoptimalkan kemampuan menulis keaksaraan awal anak. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai wahana pengetahuan dalam peningkatan kemampuan menulis permulaan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Islam Al-Hilal 1 Kartasura yang terdiri dari 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian yaitu pada tahap perkembangan menulis keaksaraan awal dari 22 anak, pada indikator 1 (kurang=9 anak, cukup=4 anak, dan baik=9 anak), pada indikator 2 (kurang= 9 anak, cukup=5 amak , dan baik=8 anak), pada indikator 3 (kurang=9 anak, 4 anak, dan baik=9 anak), pada indikator 4 (kurang=3 anak, cukup=2 anak, baik= 15 anak,dan sangat baik=2 anak).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Sari, R. Y. 2014. Meningkatkan Keterampilan Membaca Simbol Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Huruf Di Kelompok A PAUD Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Skripsi (diterbitkan). Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Subini, Nana.(2011). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta:Javalitera.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Mislahusnika. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf pada Anak Usia Dini di PAUD Teratai. Skripsi (diterbitkan). Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Widyastuti, Ana. 2017. Analisis Tahapan Menulis Dan Stimulasi Anak Kelompok B-1 Di Tk Islam Assaadah Limo Depok .Universitas Indraprasta PG
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.10448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785