PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI UNTUK SERIASI DI KELOMPOK B TKIT MENARA FITRAH

Liliana Mutarmin, syafdaningsih syafar, Hasmalena Lena

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Alat Permainan Puzzle Geometri untuk menstimulasi kemampuan seriasi yang teruji validitas dan praktisnya. Model pengembangan yang digunakan adalah Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer dengan tahapan analisis kebutuhan, desain produk, dan evaluasi yang terdiri dari self evauation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Teknik analisis data menggunakan walkthrough dan observasi serta daftar cheklis. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas materi sebesar 97% dan validitas media sebesar 94%, diperoleh rata-rata validitas produk sebesar 95,5% termasuk dalam kategori sangat valid. Tahap one to one evaluation melibatkan tiga orang anak dengan hasil 93% dan tahap small group evaluation melibatkan sembilan orang anak dengan hasil 93%, dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 93% termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian, Pengembangan Alat Permainan Puzzle Geometri dinyatakan valid dan praktis dan layak digunakan untuk melatih seriasi.


Keywords


Kata kunci: alat permainan edukatif, Puzzle Geometri, seriasi anak kelompok B.

References


Amanda. (2018). Pengaruh bermain puzzle geometri terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di paud al-hidayah. Instructional development journal (IDJ). Vol 1No.1

Herhyanto, dkk. Statistika Pendidikan:pengetahuan dasar statistika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Martiana, Devika. (2015). Model direct instruction berbantuan media puzzle untuk meningkatkan perkembangan mengenal bentuk geometri anak kelompok B3 TK kemala bhayangkari 1 Denpasar. E-journal PG PAUD Universita Pendidika Ganesha. Vol.3 No.1

Setyosari, Punaji. (2016). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Srianis, dkk. (2014). Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk. E-journal PG-PAUD universitas Pendidikan ganesha. Vol.2 No.1

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta CV

Sugiyono. (2017). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta CV

Sukmadinata, N, S. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.11298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter