PENGEMBANGAN LAGU BERBASIS CERITA BERGAMBAR UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lagu berbasis Cerita Bergambar yang teruji validitas dan praktisnya. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dan evaluasi formatif Tessmer dengan tahap analisis kebuthan, desain produk, dan evaluasi yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik anaklisis data menggunakan walkthrough dan observasi serta daftar ceklis. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas materi sebesar 90% dan validitas media sebesar 97% diperoleh rata-rata validitas produk sebesar 93,5% termasuk dalam kategori sangat valid. Tahap one to one evaluation melibatkan tiga orang anak dengan hasil 86% dan tahap small group evaluation melibatkan sembilan orang anak dengan hasil 86% dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 86% termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian Pengembangan Lagu Berbasis Cerita Bergambar dinyatakan valid dan praktis dan layak digunakan.
Kata-kata kunci: Lagu, Cerita Bergambar, Anak Kelompok B
ABSTRACT
This study aims to develop a Song based Picture Story that has validity and practicality. The development model used was ADDIE and Tessmer's formative evaluation with the needs analysis, product design, and evaluation stages which consisted of self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, and small group evaluation. Data analysis technique uses walkthrough and observation and checklist. The results showed that the validity of the material by 90% and the media validity by 97% obtained an average product validity of 93.5% included in the category of very valid. The one to one evaluation stage involved three children with 86% results and the small group evaluation stage involved nine children with 86% results from both of them obtained an average of 86% included in the category of very practical. Thus the Development of Picture Based Songs is declared valid and practical and is appropriate to use.
Key words: Song, Picture Story, Group B Children
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraeni, Sri Wulan. (2016). Penggunaan Media Lagu Anak Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar Vol. 1, No. 1
Elizabeth, Vironika Arda Prillia. (2018). Pengembangan Lagu dan Media Pizza Jaa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa BAB Paraganing Awak Kelas I. Skripsi. SKIP PGSD Universitas Muhammadiyah Malang.
Fadlillah. (2015). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana
Indriana, Upit Apriliyani, dkk. (2019). Analisa Nilai Karakter PPK pada Lagu Anak-Anak dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4 Kewajiban dan Hak Serta Penerapannya di SDN Genuksari 02. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2
Maharani, Anita Tri dan Ilmiyah Zannah. (2018). Pengenalan Nama Malaikat Beserta Tugasnya dengan Cara Bermain, Melihat Video dan Benyanyi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Widjanarko, Paulus. (2016). Pendidikan Seni Bermain dan Bernyanyi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD Vol., No. 1
Zaman, B dan Hernawan, AH. H. (2017) Media dan Sumber Belajar PAUD Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.11459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785