PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PUZZLE KUBUS UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK

Seroja Indah, syafdaningsih syafar, Rukiyah Rukiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Alat Permainan Puzzle Kubus untuk kemampuan membaca yang teruji validitas dan praktisnya. Model pengembangan yang digunakan adalah Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer dengan tahapan analisis kebutuhan, desain produk, dan evaluasi yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to ne evaluation dan small group evaluation. Teknik analisis data menggunakan walkthrough dan observasi serta daftar checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi sebesar 94% dan validitas media sebesar sebesar 92%, diperoleh rata-rata validitas produk sebesar 93% termasuk dalam kategori sangat valid. Tahap one to one evaluation melibatkan tiga orang anak dengan hasil 90% dan tahap small group evaluation melibatkan sembilan orang anak dengan hasil 91%, dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 90,5% termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian Pengembangan Alat Permainan Puzzle Kubus dinyatakan valid dan praktis serta layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan membaca.


Keywords


Pengembagan Alat Permainan, Puzzle kubus, Kemampuan Membaca

References


Herdiati, M. F., Kustiawan, U., & Suryadi. (2018). Pengembangan alat permainan keranjang pintar dalam pembelajaran berbicara anak kelompok B di taman kanak-kanak. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. 2(2):179

Rinawati. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca melalui media puzzle 3 dimensi pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kendiri Tahun Ajaran 2016-2017. Artikel Ilmiah. 1(1): 3-8.

Yusuf, M & Jurniati. (2018). Pengaruh pendidikan bagi perkembangan anak usia dini. Jurnal Tunas Cendekia. 1(1): 32.

Hijriati. (2017). Peranan dan manfaat APE untuk mendukung kreativitas anak usia dini. Jurnal Ar-Raniry. 3(2): 65

Hasanudin, C. (2016). Pembelajaran membaca permulaan dengan media aplikasi Bamboomedia BMGames Apps pintar membaca sebagai upaya pembentukan karakter siswa SD menghadapi MEA. Jurnal Pedagogia. 5(1): 1-12.

Muloke, I. C., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh alat permainan edukatif (puzzle) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. e-Journal Keperawatan. 5(1): 1-6.

Ayudia., Suryanto, E., & Waluyo, B. (2016). Analisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia dalam laporan hasil observasi pada siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 4(1): 36




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.11460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan ayumahyumi@gmail.com

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini have been indexed on:

 

View My Stats
Flag Counter