MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI

Rifa Alifia Dara

Abstract


Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang penting, untuk membentuk atau menyempurnakan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik. Pendidikan karakter ini merupakan pendidikan yang penting bagi anak usia dini, salah satunya adalah tentang sikap tanggung jawab. Anak usia dini dikenal dengan masa golden age dimana mereka akan mudah untuk menerima informasi dan mudah untuk melakukan penanaman pendidikan karakter. Sehingga akan sangat penting sikap tanggung jawab ini ditanamkan sejak usia dini. Salah satu cara menumbuhkan sikap tanggung jawab adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together.  Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap pengembangan sikap tanggung jawab pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode studi kepustakaan yang merupakan survei dan pembahasan literatur pada bidang tertentu dari suatu penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar yang dilakukan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab pada anak usia dini.


Keywords


Model pembelajaran, Number head together, tanggung jawab

References


Dementiy, Ludmila I., and Olga Yu. Grogoleva. 2016. “The Structure of Responsibility of Preschool and Primary School Age Children.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 233:372–76.

Dini, Cakrawala. n.d. “PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK.” 10.

Masini, Eleonora Barbieri. 2013. “Intergenerational Responsibility and Education for the Future.” Futures 45:S32–37.

Reeves, J., S. Reynolds, S. Coker, and C. Wilson. 2010. “An Experimental Manipulation of Responsibility in Children: A Test of the Inflated Responsibility Model of Obsessive-Compulsive Disorder.” Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry 41(3):228–33.

Suandewi, Ni Km. 2017. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO. 3 KAPAL.” (3):8.

Suhartini, Anik. 2018. “Peningkatan Sikap Tanggung Jawab dan Hasil Belajar IPS Tentang Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bago Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.” Efektor 5(2):96.

Sumartono, Sumartono, and Heza Sridevi. 2017. “Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.11603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter