EFEKTIVITAS MENDONGENG DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS VERBAL ANAK USIA PRASEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mendongeng dalam meningkatkan kreativitas verbal anak usia prasekolah. Usia pra sekolah adalah masa dimana potensi dalam diri manusia berkembang pesat, inilah yang dinamakan Golden Age. Potensi-potensi yang ada dalam diri anak usia prasekolah, bila distimulasi dengan tepat, akan melahirkan suatu kreativitas yang luar biasa. Salah satu kreativitas yang dimiliki individu adalah kreativitas verbal. Kreativitas verbal ini sangat penting untuk dikembangkan, karena kreativitas verbal sangat berpengaruh pada perkembangan anak usia prasekolah di masa depan. Bila anak sejak usia prasekolah dapat memahami dan mengekspresikan bahasa, maka kreativitas verbal anak di masa mendatang akan berkembang optimal. Untuk itu perlu menjadi perhatian orang tua serta pendidik untuk mengembangkan kreativitas verbal anak-anak mereka. Salah satu metode yang dianggap tepat untuk mengembangkan kreativitas verbal ini adalah dengan mendongeng. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas mendongeng dalam meningkatkan kreativitas verbal anak usia prasekolah. Metode yang digunakan adalah studi literature. Disimpulkan bahwa dengan mendongeng efektif dalam meningkatkan kreativitas verbal anak usia prasekolah.
Kata Kunci: kreativitas verbal, anak usia prasekolah, mendongeng
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditya, R. (2015). Verbal Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2013 Universitas Mulawarman Samarinda. 3(1), 8–20.
Anak, D., & Prasekolah, U. (2008). No Title. 2003, 7–49.
Ariani, l., Psikologi, p. s., Psikologi, f., & Banjarmasin, u. m. (n.d.). Berbahasa Pada Anak Prasekolah. 36–44.
artikel ilmiah Pentingnya Mendogeng untuk Pendidik Anak Usia Dini. (n.d.).
Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. 116–125.
Berbicara, K. (2017). No Title. 102–114. https://doi.org/10.7763/IJSSH.2012.V2.145
Ghufron, M. A., Nurdianingsih, F., Fitrianingsih, A., Rahmawati, O. I., Matin, M. F., & R, I. I. T. (2019). 3 4 5 6. 3(1), 133–138.
Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Ii, B. A. B. (2005). Universitas Sumatera Utara. 2002, 12–29.
Ii, B. A. B., & Kreativitas, A. K. (1994). Bab ii r e s u m e. 1967.
Kartika, A., Sofia, A., Lampung, F. U., Prof, J., & Brojonegoro, S. (n.d.). Gambaran Kreativitas Anak Usia Dini. 1.
Kreativitas_Di_Sekolah. (n.d.).
Kusdiyati, S. (2018). Pengaruh Pemberian Dongeng Dengan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 157–168. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.2184
Kusmiadi, A., Sriwahyuningsih, S., & Nurfalah, Y. (2008). Strategi Pembelajaran Paud Melalui Metode Dongeng Bagi Pendidik Paud. Jiv, 3(2), 198–203. https://doi.org/10.21009/jiv.0302.11
Mansur, A. R., & Andalas, U. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah (Issue December).
Maula, N. (2008). Efektivitas Mendengar Cerita Fiksi Terhadap Peningkatan Kreativitas Verbal Anak. http://eprints.ums.ac.id/856/
Melati, I. S., & Pratikto, H. (2018). Efektivitas Musik Mozart untuk Meningkatkan Kreativitas Verbal. 69–78.
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.
No Title. (n.d.).
Permatasari, R. W., Profesi, M., Mayoring, P., Pendidikan, P., & Airlangga, U. (n.d.). Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kreativitas pada siswa tk kelompok b. 64–75.
Prasekolah, A. (n.d.). Perk_Bahasa_Anak. 1–9.
Santi, A. M. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Prasekolah Presiden.
Saputri, A. D., & Pambudi, D. A. (2018). Dampak Pengggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1(April), 463–472.
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik.
Taman, D. I., & Agam, K. P. (n.d.). No Title.
The Golden Age . (n.d.). 77–92.
Tk, P., Bustanul, A., Samarinda, A., Gemelly, R., & Hasannah, U. (2019). Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Prasekolah. 7(3), 557–569.
Yogyakarta, B. B. (n.d.). Narasi Dalam Cerita Bergambar Untuk Paud / TK ( Kajian Terhadap Muatan Nilai Personal Dan Edukatif ) a . Pendahuluan Cerita mempunyai potensi yang sangat besar dijadikan media pengembangan berbagai kemampuan pada anak usia dini . Widiantoro ( 2007 ) menya. 34.
Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, 4(1), 11–24. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/569/386
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.11749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785