IMPLEMENTASI PILAR-PILAR KARAKTER DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 BOJONEGORO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pilar-pilar karakter di TK ABA 2 Bojonegoro, meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) evaluasi; (4) faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan anak. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) Perencanaan pembelajaran implementasi nilai-nilai karakter yaitu guru menyiapkan program semester, RPPM, dan RPPH, buku pilar karakter, media yang digunakan; (2) Pelaksanaan pembelajaran dalam mengimplementasikan 18 nilai-nilai karakter terintegrasi dalam setiap kegiatan pembelajaran, (a) nilai-nilai karakter yang diimplementasikan adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab; (b) Metode pembelajaran implementasi pilar-pilar karakter yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bercerita, metode karyawisata, dan metode bermain; (3) Evaluasi pembelajaran dalam implementasi 18 nilai karakter yaitu observasi, percakapan, unjuk kerja, dan catatan anekdot; (4) Faktor pendukung yaitu anak sangat antusias saat kegiatan pembelajaran karakter, media yang digunakan bervariatif, orangtua sangat mendukung adanya pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah; (5) Faktor penghambat kurangnya waktu dalam pembelajaran nilai-nilai karakter.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aunillah, N. I. (2015). Membentuk Karakter Anak Sejak Janin. Jakarta: Flashbooks.
Babu, R. M. (2014). Building Teacher Student Relationship through Positive Discipline. Integrated Journal of Social Sciences, 1(1), 24-27.
Creswell, W. (2007). Research Qualitative, Quantitative and Design. Singapore: Sage.
Dewantara, KH. (2011). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dubiel. (2014). Effective Assessment in the Early Years Foundation Stage. London: SAGE Publication Ltd.
Essa, L. (2014). Introduction To Early Childhood Education. Canada: Wadsworth Cengange Learning.
Fadlillah, M & Khorida, L. M. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hing Keung Ma. (2009). Moral Development and Moral Education: An Integrated Approach. Educational Research Journal, volume 24, No 2.
Hurlock. (1978). Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., Afandi, M. (2016). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Lickona. (1991). Educating for Character How Our Schools can Teach Respect And Responsibility. New York: Bantam Books.
Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembanan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Megawangi, Ratna. (2004). Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Star Energy.
Miles, Huberman, A. Michael & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: Sage.
Noor, R. M (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ormrood, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta :Erlangga.
Pala. (2011). The Need For Character Education. International Journal Of Social Sciences And Humanity Studies. Vol 3, No 2, ISSN: 1309-8063.
Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Suyadi. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter; Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
Wiyani, Novan Ardi. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan Bagi Orangtua dan Pendidik PAUD dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gavamedia
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.12300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785