• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ANTI KORUPSI DALAM MENINGKATKAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SPS ARRAYAN | Sinaga | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ANTI KORUPSI DALAM MENINGKATKAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SPS ARRAYAN

    Santa Idayana Sinaga, Melinda Puspita Sari Jaya

    Abstract


    Karakter antikorupsi penting ditanamkan sedini mungkin pada anak agar menjadi generasi bermoral nantinya. Bertolakbelakang dengan fakta bahwa belum optimalnya perkembangan moral anak usia dini di PAUD SPS Arrayan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan moral anak usia 4-5 tahun melalui implementasi media anti korupsi . Subjek Penelitian ini adalah  anak kelompok A yang berjumlah 15 orang anak. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan metode Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu (rencana, tindakan, observasi dan refleksi). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus sebanyak 8 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan deskripsi statistik untuk membandingkan pra siklus sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan moral anak  melalui implementasi media pembelajaran anti korupsi  dengan skor pada pra siklus 29,2 dengan kategori mulai berkembang, meningkat menjadi 41,9 pada siklus I dengan kategori berkembang sesuai harapan, dan mengalami peningkatan sebesar 58,8 pada siklus II  kategori berkembang sesuai harapan.


    Keywords


    Moral, Media Pembelajaran Anti Korupsi, Penelitian Tindakan

    References


    Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

    Bengtsson, M. 2016. How to plan and perform a qualitative study using content analysis, NursingPlus Open, 2, pp. 8–14. doi: 10.1016/j.npls.2016.01.001.

    Dian Ibung, 2009. Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

    Ernita Lusiana, 2012. Membangun Pemahaman Karakter Kejujura melalui Permainan Tradisional Jawa Pada Anak Usia Dini Di Kota Pati, Jurnal : Universitas Negeri Semarang

    Mills, Geoffrey E. 2014. Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. Pearson

    Gunadi, D. I. P. 2019. Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Jujur, pp. 34–47. doi: 10.31227/osf.io/zdt3g.

    Hapidin, H. and Yenina, Y. 2016. Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini, JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), pp. 201–212. doi: 10.21009/jpud.102.01.

    Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima.

    Iswantiningtyas, V. and Wulansari, W. 2018. Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Proceedings of the ICECRS, 1(3), pp. 197–204. doi: 10.21070/picecrs.v1i3.1396.

    Latif Dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

    Myrnawati Crie Handini. 2012. Metodologi Penelitian untuk Pemula. Jakarta: FIP Press.

    Nurul Fatimah, 2015. Mengembangkan Moral Melalui Penggunaan Metode Bermain Peran Di Kelompok Bermain Nurul Hikmah Surobayan Argomulyo Sedayu Bantul. Jurnal : Universitas Negeri Yogyakarta.

    Prasetiyaningtiyas, F. W. 2020. Pembelajaran Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Seni Di SD Negeri Pandeanlamper 02 Semarang, JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 5(1), pp. 56–66.

    Rokhman, F., Hum, M. and Syaifudin, A. 2014. Character Education For Golden Generation 2045 ( National Character Building for Indonesian Golden Years )’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, pp. 1161–1165. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.05.197.

    Sadiman, Arif S. Dkk. 2007. Media Pendidikan Pengertian,Pengembangan, Dan Pemanfaatan. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

    Supriyanti, S. and Suharto, D. 2015. Penciptaan Tari Manggala Kridha sebagai Media Pembentukan Karakter bagi Anak, Journal of Urban Society’s Arts, 2(1), pp. 18–24. doi: 10.24821/jousa.v2i1.1266.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.13218

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter