DESAIN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA MASA STUDY FROM HOME PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Pada saat ini kita memasuk era distrupsi, dimana persaingan antar negara semakin tinggi. Untuk menyikapi itu maka kita harus menyiapkan generasi yang mampu bersaing secara sehat, maka dari itu stimulasi berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) di berikan sejak dini agar dapat terinternalisasi dalam diri anak. Namun, pada saat ini wabah pendemi covid-19 menyebabkan beralihnya sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran daring namun stimulasi higher order thinking skill harus tetap ada. Untuk itu penting bagi pendidik untuk mendesain pembelajaran yang berbasis pada higher order thinking skill pada ranah anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran secara detail dan mendalam terkait desain pembelajaran HOTS di masa pandemi covid-19 dalam kajian anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data pendidik dan kepala sekolah dengan 4 langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah metode deskripstif, pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain pembelajaran berbasis HOTS dalam kajian anak usia dini dapat dilakukan di dengan menerapkan student centered learning, pendekatan saintifik dalam pembelajaran, dan penerapan 4Cs dalam pembelajaran yaitu creativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi .
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (n.d.). Buku pengangan pembelajaran beroriantasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Asia, chanel news. (2020). “Indonesia’s health system on the brink as coronavirus looms.”
Bloom. (2003). Bloom ’ s taxonomy of educational objectives Bloom ’ s taxonomy of educational objectives. Assessment, 27(3), 5. Retrieved from http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0928493106001226
Darmaningrat, E. W. T., Ali, A. H. N., Wibowo, R. P., & Astuti, H. M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning Untuk Pembelajaran Pengayaan Di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (November), 85–95. Retrieved from http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1828
Deporter, B., & Hernacki, M. (1999). Quantum Learning (V; S. Meutia, Ed.). Bandung: Kaifa.
Effendi, M. (2019). Kompetensi di Era Disrupsi. KONASPI Padang Tanggal 14 Maret 2019.
Geometry, R., & Analysis, G. (n.d.). Research Design. In Society.
Hardt, M. (2006). Design Is To Design the Design of a Design. Retrieved from http://www.michael-hardt.com/PDF/lectures/design-definition.pdf
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%2520Digital.pdf&ved=2ahUKEwj-oITXwpbpAhWf7HMBHYxmDaIQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw3FGMSFjUjBN9Rjdvb5NBzI&cshid
Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning CenterSidoarjo.
Nasional, D. K. (2016). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 PAUD. Malang: Dinas Pendidikan Nasional.
Rahma, A. (2019). Jokowi: Indonesia Sedang Masuk Era Disrupsi. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/4039177/jokowi-indonesia-sedang-masuk-era-disrupsi
Setiyawan. (2013). Diskursus Terminologi Model, Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.13405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785