KEMAMPUAN BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Rini Nuraeni, Aam Kurnia, Teti Ratnasih

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas temuan terjadinya kesenjangan antara tingginya kemampuan bermain peran dengan rendahnya keterampilan sosial anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan bermain peran dengan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun. Keterampilan sosial anak usia dini dapat dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan bermain peran. Bermain peran dapat membantu anak belajar berinteraksi dengan temannya. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan bermain peran dengan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan-Bandung yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisis data korelasi spearman rank. Hasil penelitian menenunjukan hubungan antar kedua variabel yaitu positif dan signifikan antara kemampuan bermain peran dengan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun. Hal ini ditunjukan dengan koefesien korelasi (r) sebesar 0,55 angka tersebut berada pada interval 0,400 – 0,599 dengan kategori cukup kuat. Hal ini ditunjukan pula oleh hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 2,38  t tabel = 2,16 maka dapat diinterpretasikan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain kemampuan bermain peran memiliki hubungan positif yang signifikan dengan keterampilan sosial anak usia dini di Kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan-Bandung.


References


A, Tersiana. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start UP.

Ahmadi, M. S. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Auliana, C. N. (2014). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan , 14-27.

B Joice, w. (2011). Strategi of Teaching. boston-london: Allyn and Bacon. Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Erlinda, E. P. (2016). Hubungan Kegiatan Bermain Peran Mikro Dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian, 19-20.

Henik, Srihayati. (2016). Penerapan Metode Permainan Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-4 Pekanbaru. Jurna Penelitian, 1-50.

Hurlock, E. B. (1978). Child Development. Jakarta: Penerbit Erlangga. Kamarrudin. (1972). Pengantar Metodologi Riset. Bandung: Angkasa

Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung Alumni.

Kemendikbud. (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Lianti, F. (2015). Hubungan Metode Bermain Peran Mikro dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Penelitian, 25.

Luluk Asmawati, d. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah, 13-14.

Rita, Eka. I. (2005). Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Jakarta: Depdiknas.

Sahid, O. S. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional di RA Assalam Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian, 23-25.

Siti Aisyah, d. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini .

Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Sujiiono, Y. S. (2009). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumitra, A. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, 66-67.

Turrofi'ah, A. (2017). Hubungan Metode Bermain Peran dengan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah Suka Maju Tanggamus. Jurnal Penelitian , 11-12.

Yudiastuti, R. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Bermain Peran pada Kelompok B TK Pertiwi Ngablak Kecamatan Srumbung. Jurnal Penelitian, 11-12.

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.13459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter