PERAN GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KLASIKAL PADA MASA PANDEMI DI RA AL ANWAR KEDIRI

Lutfiyati Unsiyah Zulfa, Hibana Hibana, Susilo Surahman

Abstract


Guru memiliki berbagai macam peran yaitu guru sebagai fasilitator, sebagai motivator dan guru sebagai penentu model pembelajaran yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Anak akan merasa bahagia apabila dapat menentukan kegiatan apa yang ingin anak lakukkan, sehingga minat belajar anak akan semakin meningkat. Namun pada model pembelajaran klasikal ini hanya disediakan satu jenis kegiatan saja dan setiap anak harus menyelesaikan tugas dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah:  1. Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran klasikal pada bimbingan belajar RA Al Anwar Kediri 2. Untuk mendeskripsikan tentang strategi guru pada proses pembelajaran klasikal pada bimbingan belajar di RA Al Anwar Kediri 3. Untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari model pembelajarann klasikal. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menggali data. Lokasi penelitian ada di Kediri pada 1 Mei hingga 1 April. teknik analisis data menggunakan reduksi data. Displey serta penarikan kesimpulan. Peneliti mendapatkan hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran klasikal adalah dimulai dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. Pembelajaran klasikal akan memudahkan guru untuk menyajikan karena hanya fokus pada satu jenis kegiatan saja. namun anak yang kurang meminati pembelajaran klasikal akan susah fokus, mainan sendiri, dan tidak menyelesaikan tugas dari guru.


Keywords


Peran guru, Pembelajaran klasikal, minat belajar

References


DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, S., Tatminingsih, S., Setiawan, D., Amini, M., Candrawati, T., Novita, D., & Laksana Budi, U. (2016). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (1st Ed.). Universitas Terbuka.

Amini, M., & Mariyati. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pemberian Penguatan. 5(2), 2101–2113. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.1128

Ayu, N., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 9(1).

Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Yang Proosional. 1(1), 29–45.

Christianti, M. (2012). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. 1(1), 112–122.

D Wijana, W., G Diyah, S. R., Siyantayani, Y., Suminah, E., Nurmiati, & Wahyuni, M. (2016). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (D. Aisiyah, Siti (Ed.); 1st Ed.). Universitas Terbuka.

Djafar, M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas Xi Ipa 2 Sma Negerii 1 Parepare. 3(2), 125–140.

Fadia, S., Fitri, N., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online Pada Minat Belajar Anak Semasa Pembelajaran Daring. 5, 1530–1533.

Fadli, H. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi C0vid-19. 1(2), 214–238.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Praktik). Bumi Aksara.

Habsoh, S., Nasrudin, E., & Rosadi, A. (2021). Pelaksanaan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Spiritual Anak Di Rudhatul Athfal. 1, 20–36.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa. 7(1), 193–204.

Hidayah, H., Zulaekah, & Adawiyah, R. (2021). Manajemen Kelas Dengan Model Pembelajaran Bervariasi Di Tk Yaa Bunayya 01 Hidayatullah Karimun. 1(1), 18–25.

Khulusinniyah, & Zamili, M. (2021). Program Pembiasaan Praktik. 5(2).

Lestari, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menyunting Pada Siswa Kelas Ix Menggunakan Media Wapapan Ejaan Dengan Model Pembelajaran Nht. 5(4), 428–441.

Lusmaria, B., Samat, P., Studi, P., Sejarah, P., Keguruandan, F., Pendidikan, I., & Mangkurat, U. L. (2021). Inovasi Pendidikan Dan Peran Guru. 1(2), 1–4.

Maimunah. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together. 3(6), 285–290.

Marwiki, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Melalui Model Example Non-Example Kelas Iv Sdn Telukan 03 Sukoharjo Semester 1 Tahun Pelajaran 2019 / 2020 Improved Science Learning Outcomes For Living Materials Through Non Example Examp. 30(1), 113–122.

Mulyani, E. R., Masrul, & Astuti. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19. 5, 261–266.

Ngatman. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pola Bilangan Kelas Vii Smp Negeri 5 Probolinggo Semester 1 Tahun Pelajaran 2014 /2015. 1(2).

Nurdiana Sari, W., Tambahmulyo, V. S. D. N., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1. 1(11).

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. 12(1), 46–57.

Riduan, M. (2021). Peran Profesi Guru Dalam Pendidikan. 1(2), 1–5.

Riku, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Bentuk Molekul Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Phet Simulation. 1(2), 79–87.

Saihu, M., & Umar, N. (2021). The Humanization Of Early Children Education. 13(1). Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V13i1.419

Sukariawan, M., Supadmini, K., Ayu, I., & Larashanti, D. (2021). Strategi Penanaman Pendidikan Budi Pekerti Pada Pasraman Di Desa Pakraman Peliatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar 1. 6(April), 75–90.

Sunnah, I., & Indrayati, L. L. (N.D.). Edukasi New Normal Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Melalui G 5m Dan Ctps. 56–60.

Syakur, A. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas Vi Mi Nu Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus. 2(2), 132–151.

Triyono, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( Stad ) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Tptu 2 Smkn 2. 2, 30–35.

Ulmi, T. F., & Ramadhan, I. (2016). Meningkatkan Minat Belajar Anak Pemulung Di Tpas Batu Layang. 1–11.

Winarti, A. (2021). Korelasi Antara Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Dengan Media Kahoot Dan Hasil Belajar Menulis Teks Karya Ilmiah Siswa Sman 3. 4(1), 12–24.

Wira, I. A. D., & Trisdyani, N. L. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Sekolah Insan Prestasi School. … : Jurnal Pendidikan Anak …, 3. Http://Jurnal.Stahnmpukuturan.Ac.Id/Index.Php/Jpaud/Article/View/927

Yufriarti, & Chandrawati, T. (2016). Profesionalitas Guru Paud (1st Ed.). Universitas Terbuka.

Yulhendri. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V-B Upt. Sd Negeri 01 Limo Kaum. 3(3), 157–166.

Yuliza, r., & alam, t. S. (2021). An Overview O F Teenagers ’ Complian Ce With The Covid-19 Procedure. V(2).

Zaman, b., & hery hernawan, a. (2016). Media dan Sumber Belajar Paud (p. Edi (ed.); 1st ed.). Universitas terbuka.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.14412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter