STIMULASI PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA 2-3 TAHUN SELAMA PANDEMI COVID 19 RT 09 DESA SAKO BANYUASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai stimulasi perkembangan berbicara anak usia 2-3 tahun selama pandemi Covid 19 RT 09 Desa Sako Banyuasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi tak berstruktur dan dokumentasi mengenai stimulasi perkembangan berbicara anak usia 2-3 tahun. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif Miles dan Huberman, meliputi mengumpulkan data awal berupa transkip wawancara, catatan lapangan serta dokumentasi kemudian dianalisis, membaca keseluruhan data, melakukan koding, mendeskrisikan data dalam narasi singkat, mengkontruksikan data berdasarkan tema dan melakukan pemaknaan terhadap tema yang disusun sehingga, dapat menarik suatu kesimpulan yang menggambarkan hasil penelitian. Penelitian menggunakan empat subjek penelitian yaitu orang tua yang memiliki anak usia 2-3 tahun di RT 09 Desa Sako banyuasin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Stimulasi perkembangan berbicara anak usia 2-3 tahun dari orang tua selama pandemi Covid 19 yaitu bermain boneka, bermain mobil-mobilan, menonton youtobe, melalui gambar dan melakukan kegiatan bernyanyi. 2) Stimulasi perkembangan berbicara anak usia 2-3 tahun lingkungan sekitar selama pandemi Covid 19 yaitu bermain dengan anggota keluarga, melalui tanaman yang ada di perkarangan rumah dan jalan-jalan. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa stimulasi yang didapatkan anak selama pandemi covid 19 berasal dari stimulasi yang diberikan orang tua dan stimulasi dari lingkungan sekitar sekitar anak
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darmawan, A. C. (2019). Pedoman Praktis Anak Tumbuh Kembang Anak (Usia 0-72 Bulan). Bogor: PT Penerbit IPB Press
Mulyaningtyas, R. (2019). Stimulasi Dalam Memaksimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 3(1), 161–186. https://doi.org/10.21274/martabat.2019.3.1.121-140
Nuri, dkk (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Sentra Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. 6, 81–94
Nurhayati; Aini, D. N. (2020). Penerapan Metode Karyawisata Dalam Menstimulasi Bercerita Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain (Kb) Permata Hati. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2), 223–230.
Rantina, M., Hasmalena, H., & Nengsih, Y. K. (2020). Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1578–1584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.891
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2020). Peta Risiko. Satuan Tugas Penanganan COVID-19. https://covid19.go.id/peta-risiko
Savitri, I. M. 2019. Aktivitas Montessori Stimulasi Indra dan Bahasa. Jakarta: Cikal Aksara
Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. 1(1), 28–37.
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.14448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785