• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • Penerapan Penilaian Pembelajaran Bidang Motorik Halus Anak Kelompok B dalam Masa Pandemi Covid-19 di TK Se-Kecamatan Indralaya | Anggraini | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Penerapan Penilaian Pembelajaran Bidang Motorik Halus Anak Kelompok B dalam Masa Pandemi Covid-19 di TK Se-Kecamatan Indralaya

    Windy Anggraini, Syafdaningsih Syafar

    Abstract


    v>

    Penelitian ini bertujuan untuk melihat berapa persentase penerapan penilaian pembelajaranbidang pengembangan motorik halus anak kelompok B dalam masa pandemi covid-19 yangdilaksanakan oleh guru di TK se-Kecamatan Indralaya dengan menggunakan metode deskriptifkuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 45 orang guru yang ada di 6 TK di KecamatanIndralaya. Sampel diambil 30% dari jumlah populasi yaitu 13 guru dengan menggunakan teknikpurposive sampling dengan alasan perizinan dan perwakilan guru dari 6 TK yang ada diKecamatan Indralaya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dandokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik dekskriptif yaitu menghitungpersentase nilai dari hasil angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secarakeseluruhan capaian persentase nilai akhir dari skor lembar observasi dan angket yang diperolehadalah 78,75% berada pada kategori baik. Dengan rincian 4 guru dari 13 guru atau sebesar 31%berasal dari TK Islam Luthfiah dan TK Islam Raudhatul Ulum mendapatkan nilai dengankategori sangat baik. Kemudian 9 guru dari 13 guru atau sebesar 69% berasal dari TKN Pembina,TK Pertiwi, TK IT Menara Fitrah, dan TK Islam Al-Ittifaqiah mendapatkan nilai dengan kategoribaik.

    Keywords


    Penilaian Pembelajaran, motorik halus, pandemi Covid-19

    References


    Aiman, U. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1), 115-122.

    Astini, B. N., Nurahasanah, Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Hals Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31-40.

    Iriani, T., & Ramadhan, M. A. (2019). Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan. Jakarta: Kencana.

    Ismail, M. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

    Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 44-52.

    Mahdi, N. I., Misnan, Roza, Y., Ginting, E. B., & Lestari, W. (2020). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik AUD Selama Masa Pandemi Covid 19 di TK Al Ikhlas. Hikmah, 17(2), 86-98.

    Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pandemi Covid19. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 41-52.

    Mushlih, A. (2018). Analisis Kebijakan PAUD. Jawa Tengah: Mangku Bumi.

    Nugraha, E. (2016). Evaluasi Pendidikan Pada Jenjang PAUD. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(2), 106-118.

    Nurhanifah. (2019). Skripsi Teknik dan Instrumen Penilaian Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Hang Tuah Kotabumi Lampung Utara. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

    Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisis PAUD. Jawa Barat: Edu Publisher.

    Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

    Safitri, U., Aunurrahman, & Miranda, D. (2019). Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini Di TK LKIA II Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1-16.

    Sary, Y. N. (2018). Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

    Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.

    Weni, K., Hasmalena, & Syafdanisngsih. (2017). Analisis Penilaian Pembelajaran di TK Se-Kecamatan Bellitang OKU Timur. Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 4(2), 1-9.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i1.14467

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter