KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENGENALKAN KONSEP SAINS UNTUK ANAK ADHD

Yubaedi Siron, Alifia Silmi Zahrah, Ifa Syahreyn Alim Putri, Miftahul Jannah, Monita Sari, Novita Sari, Sabrina Pebriani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengekplorasi bagaimana cara orang tua dalam mengenalkan konsep sains pada anak Attention Deficit Hyperactivity Disorders (ADHD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan 6 partisipan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur secara daring. Pengambilan subjek menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan orang tua dalam mengenalkan konsep sains untuk anak ADHD sangat penting dan berpengaruh untuk perkembangan di masa yang akan datang. Cara orang tua dalam memperkenalkan konsep sains kepada anak ADHD sangat kreatif dan beragam. Banyak orang tua memilih metode yang mudah dipahami anak dan tidak membosankan, sehingga anak sangat antusias dan penuh semangat dalam mempelajari konsep sains. Orang tua mempunyai alternatif cara mengembalikan fokus anak dan cara mengatasi hambatan yang dialami ketika mengenalkan sains pada anak ADHD.


Keywords


Attention Deficit Hyperactivity Disorders (ADHD); konsep sains; keterlibatan orang tua

References


A, Dayu, P. 2012. Mendidik Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Hal-Hal Yang Tidak Bisa Dilakukan Obat. Yogyakarta: Javalitera.

Apriani, H, A Pardede, and ... 2020. “Pengenalan Sains Bidang Kimia Melalui Eksperimen Sederhana Sebagai Alternatif Solusi Peningkatan Konsentrasi Anak Berkebutuhan Khusus.” … Magister Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.441.

Denico, Ahmad. 2018. “Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Kb Cerdas Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir.” Generasi Emas 1 (2): 102. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2564.

Izzuddin, Ahmad. 2019. “Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Sains 1 (3): 353–65.

Kartika, I. A. N, I. W Wiarta, and M. P Made Putra. 2016. “Penerapan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Tk Dwi Rahayu Kumara Denpasar DOI: Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Paud.V4i1.7536.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 4 (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7536.

Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, and Fitri Andriani. 2020. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Laali, Sri Ayu. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Sains Sederhana Melalui Metode Bermain Pengukuran Kelas B Taman Kanak-Kanak Improving the Ability of Simple Science Introduction through Kindergarten Class B Measurement Play Method” 1. https://doi.org/10.37905/dej.v1i1.519.

Lestari, Kiky, and Anisah Zakiah. 2012. Kunci Mengendalikan Anak Dengan ADHD. Yogyakarta: Familia.

Ma’viyah, Alvin. 2021. “METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood).” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains 3: 97–101.

Marlina, M, Efrina Elsa, and Kusumastuti Grahita. 2020. “Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif.” Orthopedagogik 1 1 (3): 17–36.

Mirawati, Mirawati, and Rini Nugraha. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun.” Early Childhood : Jurnal Pendidikan 1 (1): 13–27. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.50.

Morisson, G. S. 2012. Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Jakarta: Indeks.

Mujtahidin, Mujtahidin. 2018. “IbM Pengelola Paud Al Amin Untuk Peningkatan Science Instructional Quality Anak Usia Dini Dan Parenting Skill Orang Tua Murid.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 4 (2). https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i2.4927.

Nafiqoh, Heni, and Ghina Wulansuci. 2020. “METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS BELAJAR.” Jurnal Tunas Siliwangi 6 (2): 98–104.

Nana, Nana. 2020. “Aplikasi Sains Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Untuk Menghadapi Abad 21.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 9 (1): 58. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41406.

Paternotte, Arga, and Jan Buitelaar. 2013. ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas) Gejala, Diagnosis, Terapi, Serta Penanganannya Di Rumah Dan Di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Putra, Andi Purnawan. 2018. “Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Adhd Melalui Literasi.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1 (1): 354–70. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.20.

Putri, Ida Ayu Devi, and I Gusti Ayu Putu Wulan Budisetyani. 2020. “Penyesuaian Diri Orangtua Dengan Anak Yang Mengalami Gangguan ADHD ( Attention Deficit Hyperactivity Disorder ).” Jurnal Psikologi Udayana 2: 20–27. http://poltekkes-denpasar.ac.id/files/JURNAL GEMA KEPERAWATAN/JUNI 2015/Putu Susy Natha Astini.pdf.

Rahman, H. S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PGTKI Press.

Roostin, Erna, and Mutiara Swandhina. 2019. “Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Dengan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam.” Teknodika 17 (2): 39. https://doi.org/10.20961/teknodika.v17i2.34996.

Sandrawati, F. C, M & Jamaris, and A Supena. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dan Berbasis Modifikasi Perilaku.” Visipena 10 (1): 27–38. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.485.

Saputro, Dwidjo. 2009. ADHD (Attention Deficit/Hiperactivity Disorder). Jakarta: Sagung Seto.

Subandi, Ahmad, and Rusana. 2014. “Pengalaman Orang Tua Dalam Mengasuh Anak Dengan Attention Deficit Hyperactive Disorders (ADHD)/Hiperaktif.” Jurnal Kesehatan Al-Irsyad (JKA) V (1): 50–60. http://jka.stikesalirsyadclp.ac.id/index.php/jka/article/view/10.

Subiyarti, E, B Harnani, and S. DS. 2012. “Peran Orang Tua Pada Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian (Attention Deficit Hyperactive Disorders).” Jurnal Keperawatan V (1): 11–14.

Sunardi, and Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Winarni, Dyah Setyaningrum. 2017. “Analisis Kesulitan Guru PAUD Dalam Membelajarakan IPA Pada Anak Usia Dini.” Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 5 (1): 12. https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.578.

Winatha, Komang Redy, and I Made Dedy Setiawan. 2020. “Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10 (3): 198–206. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206.

Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT.Indeks.

Zahro, Ifat Fatimah, Ayu Rissa Atika, and Sharina Munggaraning Westhisi. 2019. “Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Potensia 4 (2): 121–30. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130.

Zurqoni, Zurqoni, and Ida Hariyanie. 2018. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Sains Untuk Anak Usia Dini.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 6 (2): 211–32. https://doi.org/10.21093/sy.v6i2.1383.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v8i2.14662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter