PENGEMBANGAN MEDIA MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM ADVENTURE PALEMBANG

Qori Saputri, Kurnia Dewi

Abstract


Kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B di Tk Islam Adventure Palembang masih rendah karena kurangnya ketersediaan alat permainan edukatif dan proses pembelajaran lebih kepada kegiatan menulis sehingga anak kurang tertarik dengan kegiatan mengenal angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media maze terhadap kemampuan mengenal angka dan validitas media maze. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, dokumentasi, pretest dan posttest. Hasil analisis uji validasi ahli materi mendapatkan skor 4,8 dengan kategori baik, uji validasi ahli media mendapatkan skor 4,2 dengan kategori baik, penilaian guru mendapatkan persentase 83,75% dengan kategori sangat layak, praktikalitas anak mendapatkan persentase 72% dengan kategori baik. Hasil uji efektivitas media maze diperoleh harga thit>ttable (8,42>2,37). Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mengenal angka dengan menggunakan media maze.


Keywords


Pengembangan., Media Maze., Kemampuann Mengenal Angka

References


Fatmaini, S. (2018). Pengaruh Aktivitas Bermain Media Maze Angka Terhadap Perkembangan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun.

Hayati, N., & Fitri, R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Bombik Modifikasi Pada Anak Kelompok Bermain. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 187–191.

Ihsan, N. (2014). Asyik Bermain Maze (1st ed.). Cikal Aksara.

Maghfiroh, S., Abidin, R., & Suweleh, W. (2017). Pengaruh Permainan Maze Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–46. https://doi.org/2599-042x

Mardhotillah, I. (2018). Pengembangan Media Maze Matematika untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak.

Nugraheni, N. R. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) “Maze Of Busy City” Terhadap Pemahaman Tema Pekerjaan Pada Anak Kelompok A TK ABA II Wonosari Gunungkidul.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. (2014).

Pratiwi, I., Syafdaningsih, & Rukiyah. (2018). Pengembangan Alat Bermain Papan Magnetik Maze Untuk Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 138–147. https://doi.org/2621-8321

Ramaini. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 13.

Riyana, C. (2012). Media Pembelajarn (2nd ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). CV. Alfabeta.

Wening, B. (2012). Bunda Sekolah Pertamaku (1st ed.). Tinta Madina.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD (1st ed.). Gava Media.

Yulistari, N., Fatimah, A., & Sayekti, T. (2018). JPP (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan PAUD, 5(2), 81–160. https://doi.org/2355-830x

Yus, A. (2015). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak (2nd ed.). Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.16716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter