PERAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI SIKAP GIGIH ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN SRIJAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menstimulasi sikap gigih anak 5-6 tahun selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Srijaya yang berjumlah 20 orang dengan mengunakan teknik Random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket tertutup dan wawancara langsung kepada orang tua anak. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase penelitian menunjukkan bahwa telah terlaksana 61.405% keinginan yang kuat dan pantang menyerah, proses pencapaian, dan hambatan dengan baik. Hasil penelitian secara keseluruhan diperoleh beberapa kategori dari skor responden. Indikator peran orang tua yang sering dilakukan berada pada keinginan yang kuat dan pantang menyerah 83,75% anak dan indikator hambatan 81,87% anak. Sementara, persentase pada indikator paling rendah adalah proses pencapaian 80% anak. Dengan rincian sebanyak 90% anak berada pada kategori Selalu (SL), 8,3% anak berada pada kategori Sering (SR), 1,6% anak berada pada kategori Kadang-kadang (KK), dan 0% anak berada pada kategori Tidak Pernah (TP). Maka dari itu disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk lebih berfokus pada indikator proses pencapaian.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740.
Astuti, I. Y., & Harun. (2021). Tantangan Guru Dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar dari Rumah Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441-1463.
Darianti &Tafonao, T. (2021). Problem Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dimasa Pandemi Terhadap Psikologi Anak. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 10(2), 39-56.
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.
Illu, J., Bilo, D. T., & Kasse, Y. (2021). Analisis Teologis Tanggung Jawab Orang Tua Kristen dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Pengaruh Gadget Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia 7-11 Tahun. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 4(2), 167-181.
Laana, D. L. (2021). Solusi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Inculco Journal of Christian Education, 1(1), 69-80.
Lase, M. B., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Mendampingi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Xairete: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 15-27.
Lismayanti, M., Nurhayati, S., & Rosita, T. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Untuk Mengikuti Pembelajaran E-Learning (Online) dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Program Kesetaraan Paket C Di Pkbm Srikandi. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(2), 38-45.
Meizena, C., & Yulianingsih, W. (2021). Efektifitas Peran Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak Usia 12- 15 Tahun Dalam Bdr Di Desa Randuagung Kecamatan Gresik. J+Plus Unesa, 10(1), 227–232.
Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361-372.
Nurpratiwiningsih, L., Yuliyanti, N., & Kurniawan, P. Y. (2021). Sosialisasi Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid 19. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).
Puspitasari, C., Setiawan, D., & Santoso, S. (2021). Intensitas Komunikasi Keluarga dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 925-930.
Putri, M. L., Sutjipto, V. W., & Sary, M. P. (2021). Model Komunikasi Keluarga Etnis Betawi dalam Memotivasi Pendidikan Tinggi dari Perspektif Anak. Jurnal Komunikasi, 16(1), 31-46.
Rahmadina, F. S., Khairunnisa, F. A., & Firmiana, M. E. (2021). Bentuk dukungan orang tua pada anak usia dini (aud) selama belajar dari rumah (bdr). Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 18-25.
Safitri, L., & Hidayah, R. (2021). Pendampingan Orangtua Pada Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(2), 630-638.
Siahaan, C. D., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279-285.
Suciati, P. (2021). School From Home (SFH): Perjuangan Para Orang Tua Siswa Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2).
Yasma, A., Salim, I., & Imran, I. (2018). Peran Orang Tua Pemulung Menunjang Pendidikan Formal Anak di TPA Sampah Kelurahan Batulayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11).
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.16891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785