• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PERSEPSI GURU TENTANG PENERAPAN NILAI KEADILAN SOSIAL DI PAUD | Wardah | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    PERSEPSI GURU TENTANG PENERAPAN NILAI KEADILAN SOSIAL DI PAUD

    Khilyatul Wardah, Eka Eka Oktavianingsih, Siti Fadjryana Fitroh

    Abstract


    Kebutuhan pendidikan anak pada dasarnya terdiri dari tiga dimensi, yaitu dimensi kognitif, afektif, dan konatif, tetapi saat ini masih banyak guru yang hanya memperhatikan dimensi kognitif dan konatif saja tanpa memperhatikan dimensi afektif. Fenomena tersebut muncul karena memang banyak tuntutan dari orangtua untuk lebih mengedepankan dimensi kognitif anak. Akibatnya saat ini dimensi afektif anak kurang diperhatikan oleh guru, sehingga anak mempunyai peluang untuk melakukan nilai ketidak adilan sosial di sekolah seperti bullying dan ketidaksetaraan gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang penerapan nilai keadilan sosial di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Responden dalam penelitian ini berjumlah empat guru. Lokasi penelitian ini di TK Muslimat NU Darun Najah Kamal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Teknik analisis data  bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian menjelaskan  anak didik di TK Muslimat NU Darun Najah berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda-beda. Guru juga sudah menerapkan nilai keadilan sosial tingkat dasar dengan beberapa hal pada anak didik karena guru mempunyai persepsi bahwa nilai keadilan sosial pada anak usia dini sangat penting untuk diterapkan.


    Keywords


    persepsi, keadilan sosial, anak, bullying, kesetaraan gender, sosial ekonomi

    References


    Aisyah & Harun. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan. Vol. 7 Nomor. 2. file:///C:/Users/ACER/Downloads/1601-5308-1-PB.pdf. (Diakses 25 Januari 2022)

    Alfien, B. A & Syarizal, A. M. (2020). Mengembangkan Multiple Intelligences dengan Bermain pada Anak Usia Dini. Jurnal Care. Vol. 8 Nomor 1. file:///C:/Users/ACER/Downloads/6869-18797-1-SM.pdf. (Diakses 25 Januari 2022)

    Andiarti, A. & Felicia, N. (2019). Menyiapkan anak bersekolah secara holistik: Studi kasus calistung sebagai kesiapan bersekolah (school readiness). Kilas Pendidikan Edisi 21. Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan.

    Asiah, Nur. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 6 Nomor 1. file:///C:/Users/ACER/Downloads/2746-7000-1-PB%20(2).pdf . (Diakses 25 Januari 2022)

    Fennimore, B.S., & Goodwin, A.L.(2011). Promoing social justice for young children. Springer Science & Business Media

    Kompas.com. (2022, 13 Januari). Berita terkait Kasus Perudungan Terus Terjadi. Diakses 25 Januari 2022, dari https://megapolitan.kompas.com/read/2022/01/13/19062671/kasus-perundungan-terus-terjadi-kriminolog-jangan-langsung-salahkan-anak

    Ladeska, Vera, dkk. (2019). Membangun Karakter Anak Sejak Dini melalui Komunikasi Efektif dalam Mereduksi Bullying pada Kelompok Bermain, TK A, dan TK B Hifzhul Amanah. Jurnal SOLMA. Vol. 8 Nomor 2. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/3115/1166. (Diakses pada 5 Desember 2021)

    Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative data analysis: an expanded sourcebook (2rd ed). London: Sage Publication

    Oktavianingsih, E. & Fitroh, S.F. (2022). Pengembangan electronic wordless picture book untuk mengenalkan social justice pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6 No.4, hal 57-67.

    Pertiwi, D.. Syafrudin, U. & Drupadi, R. (2021). Persepsi orangtua terhadap pentingnya baca tulis hitung untuk anak usia 5-6 tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol,4 No.2.

    Pratiwi, N. & Sugito. (2022). Pola penanganan guru dalam menghadapi bullying di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6 No.3, hal 1408-1415.

    Saleh, Sirajuddin. (2016). Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa dalam Rangka Daya Saing Global, Makassar: 29 Oktober 2016. Hal. 101

    Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

    Ufairah, Nadya. (2015). Bullying pada Anak Usia Dini. file:///C:/Users/ACER/Downloads/Nadya%20Ufairah_2010914220015.pdf. (Diakses 5 Desember 2021).




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.16913

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter