KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN KEMAMPUAN ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Erin Ariditya angga Saputri, Fitri Oviyanti, Yecha Febrieanitha Putri

Abstract


Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh guru saat menjalankan kewajibannya dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak murid. Kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini merupakan kemampuan guru dalam mengumpulkan informasi mengenai perkembangan anak usia dini dan hasil dari asesmen tersebut dapat dijadikan bahan untuk beberapa kepentingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik dengan kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini di RA Perwanida 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di RA Perwanida 2 Palembang yang berjumlah 14 orang Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis korelasi product moment. Hasik penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat adanya hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini. Nilai rhitung yang diperoleh yakni 0,765 berada pada rentang nilai koefisien korelasi 0,60 – 0,79 dengan tingkat hubungan yang kuat. Nilai rhitung (0,765) juga berada pada status berkorelasi positif yang artinya bahwa variabel X dan variabel Y itu berjalan pararel atau hubungan kedua variabel tersebut searah, jika kompetensi pedagogik meningkat maka kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini juga ikut meningkat


Keywords


kompetensi pedagogik ; kemampuan asesmen perkembangan anak usia dini

References


Chaerudin, A. (2020). Sumber Daya Manusia : Pilar Utama Kegiatan Operasional Organisasi (A. Chaerudin (ed.); 1st ed.). CV Jejak.

Juhairiyah. (2017). Assesmen Konten Isi Bidang Studi. Pedagogik, 04(01), 19. https://doi.org/2354-7960

Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Mukhlis (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.

Octavia, S. A. (2020). Etika Profesi Guru (S. A. Octavia (ed.); 1st ed.). CV Budi Utama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2017 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Rahman, M. H. (2020). Assesmen Pembelajaran PAUD (M. H. Rahman (ed.); 1st ed.). Hijaz Pustaka Mandiri.

Rantika, M., Hasmelena, & Nengsih, Y. K. (2020). Buku Panduan Stimulasi dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia (0-6) Tahun, (M. Habiburrahman (ed.); 2nd ed.). Edu Publisher.

Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (Rifma (ed.); 1st ed.). Kencana.

Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum (1st ed.). CV. Budi Utama.

Soetjiningsih, C. H. (2012). Seri Psikologi Perkembangan : Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir (C. H. Soetjiningsih (ed.); 3rd ed.). Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Sugiyono (ed.); 1st ed.). CV Alfabeta.

Suherdi, D. (2021). Camilan Ringan Intelektual Bagi Guru Sekolah (Caringin Bagus) Lezatnya Menjadi Guru Profesional : Menikmati Kehidupan Artis di Kelas (D. Harini (ed.); 1st ed.). CV. Budi Utama.

Talango, S. R., & Pratiwi, W. (2018). Asesmen Perkembangan Anak (Studi Kasus Asesmen Perkembangan Anak Usia 2 Tahun). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6, 52.

Trianto. (2007). Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi & Kesejahteraan (1st ed.). Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005.

Yusuf, A. M. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan (Yusuf A. Muri (ed.); 2nd ed.). PT Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.16960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter