PROTOTYPE VIDEO CERITA ANAK TEMA BUDAYA LOKAL PALEMBANG
Abstract
Bercerita merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan anak akan mengetahui banyak hal-hal baru. Di masa pandemi media pembelajaran audio visual sangat dibutuhkan guna mempermudah akses dan meminimalisis keterbatasan ruang dan waktu. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video cerita anak tema budaya lokal yang teruji valid. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian yang dikembangkan oleh Dick & Carry yaitu ADDIE. Adapun tahapannya yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap evaluasi yang telah dilalui yaitu self evaluation dan expert review sesuai dengan prosedur yang dikembangkan oleh Tessmer. Pengumpulan data dilakukan dengan walkthrough yang diberikan pada ahli media guna mendapatkan validasi data terhadap prototype yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dari instrument pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas media terhadap prototype sebesar 4,75% dan uji validitas materi sebesar 4,125%, sehingga menunjukkan bahwa prototype yang telah dibuat terbukti valid.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini (1st ed.). Jakarta : Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Belajar_Anak_Usia_Dini/MYP1DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metode+belajar+anak+usia+dini&printsec=frontcover
Darihastining, S., Aini, S., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Ela Paramita, Hasmalena, S. (2017). Pengembangan Dongeng Berbentuk Video Animasi Untuk Ank Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Palembang. 1–9.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Shovianda, E. (2020). Tingkat Respon Orangtua Terhadap Penggunaan Group Whatsapp Dalam Program Parenting Di PAUD Seulanga Meuligo Aceh Selatan. International Journal Of Child And Gender Studies, 6(2), 91–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/equality.v6i2.7799
Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176
Harun. (2019). Pelatihan Guru Pendidikan Karakter Berbasis Multi Kultural Dan Kearifan Lokal (PKMBKKL) Bagi Siswa PAUD (1st ed.). Yogyakarta : UNY Press.
Herawati, B. (2018). Prosiding Seminar Nasional : Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa Jilid 2. Tuban : FKIP PGRI Ronggolawe Tuban.
Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiim, & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran : Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang : CV IRDH.
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565
Munawar, B., Hasyim, F., & Ma’arif, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(02), 310–320. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2473
Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7
Permata, N., Zama, I., & Damayanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Materi Energi Alternatif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 1–13.
Ramdhani, S., Yuliastri, A., Sari, D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran DaringAnak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160.
Wisada, D., Sudarma, K., & Yuda, I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yavie, & Sutama, W. (2019). Perkembangan Kognitif Sains Anak Usia Dini. Semarang : UM Penerbit & Percetakan.
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.17392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785