PENGGUNAAN DUA BAHASA DAERAH DALAM BERKOMUNIKASI ANAK USIA (3-6) TAHUN DI DESA SUKA MULYA OGAN ILIR

Dita Silpiah, Rukiyah Rukiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penggunaan dua bahasa daerah dalam berkomunikasi anak usia (3-6) tahun di Desa Suka Mulya Ogan Ilir. Masalah penelitian ini adalah ketidak mampunya anak dalam menerapkan penggunaan dua bahasa daerah dalam berkomunikasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang melatar belakangi tidak mampunya anak menerima dua bahasa daerah dalam berkomunikasi. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang yaitu R (3 tahun) dan P (4 tahun). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber dalam penelitian ini yaitu orang tua dari subjek penelitian. Sumber data menggunakan Tringaluasi Sumber. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data collection, reduction, display, verification. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa faktor yang melatar belakangi ketidak mampunya penggunaan dua bahasa daerah dalam berkomunikasi pada anak yaitu tidak konsistenya orang tua dalam mengaplikasikan penggunaan dua bahasa daerah dalam berkomunikasi, faktor lingkungan, kurangnya stimulasi komunikasi dan interaksi, model yang ditiru, rendahnya pendidikan orang tua, kurangnya waktu untuk berkomunikasi dan berinteraksi pada anak, anak kebingungan dalam membedakan dua bahasa daerah, pengaruh gadget, kurangnya kosa kata berikan kepada anak. dan kurangnya motivasi dari orang tua anak untuk berkomunikasi menggunakan dua bahasa daerah.


Keywords


bahasa daerah, komunikasi, anak usia (3-6) tahun

References


Anggrasari, P, A & Rahagia R,. (2020). Pengaruh Penggunaan Gedget Terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia 3-5 tahun. Jurnal: Keperawatan dan Profesi,. 1(1).

Bahri, H (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, 11(1), 48–57. https://doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356

Hamidah, S & Putra, D., E. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid'19. Jurnal: Mimbar Ilmu, 26(2).

Hardian & Munirah. (2018). Pengaruh Kemampuan Kosa-Kata Dan Struktur Kata Menulis Paragraf Deskriptif Siswa. Jurnal : Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1).

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1).

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wardah, I(1), 62–69.

Kami, K. (2017). Dampak Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2), 145–150. https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.29

Oktari, P. R., Nurlaili, N., & Syarifin, A. (2019). Kesulitan Anak Usia Dini Dalam Berinteraksi Sosial Di Tk Negeri 09 Bengkulu Selatan. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 22. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v3i1.2282

Pangestuti, L. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membina Ketrampilan Berkomunikasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Cabean Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. J+Plus Unesa, 7(2), 1–9.

Putri, A., A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Pertiwi Dpw Setda Provinsi Riau. Jurnal : Buletin Psikologi.

Rahman, A. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 Sd Inpres Maki Kecamatan Lamba-Leda Kabupaten Manggarai Timur. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 7. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V3i2a3.2016

Rafidhah, H. (2017). Mengembangkan Komunikasi yang Efektif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–58.

Robingantin, Ulfa., Z. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini . Depok: Ar-Ruzz Media. P.31.

Roswati, E. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Permainan Chinese Whispers. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 32–36. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6420

Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37–46.

Suknawati, B. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun Di TK Buah Hati Kita. Journal Of Special Education, 3(1).

Surmayanti,. L. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Bahasa Anak. Jurnal : MUADDIB, 7(1).

Sunain. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan Dan Kreativitas Siswa Dari Kelas Satu Sampai Kelas Enam Masa Semester I. Jurnal: Pendidikan, 6(2)

Tanjung, P,.S I, H. (2020). Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal: Pendidikan Rambusai, 4(3).

Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam Mufatihatur Taubah. Jurnal: Pendidikan Agama Islam, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.18338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter