PERSEPSI ORANG TUA TENTANG LITERASI BACA TULIS ANAK USIA (5-8) TAHUN DIKELURAHAN SRIJAYA PALEMBANG

Dian Ayu Lestari, Rukiyah Rukiyah, Taruni Suningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi orang tua tentang literasi baca tulis anak usia (5-8) tahun diKelurahan Srijaya Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah jenis analisis data model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, mereduksi data yang didapatkan dari lapangan, penyajian data dalam bentuk narasi yang singkat dan menarik kesimpulan. Penelitian ini meggunakan tiga subjek penelitian, yaitu orang tua yang memiliki anak usia (5-8) tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap positif dari orang tua kepada anak dan selalu memberikan dukungan pada anak agar menjaga semangat literasi baca tulis. Setiap orang tua memiliki sudut pandang yang berbeda tentang literasi baca tulis, perbedaan tentang persepsi literasi baca tulis merupakan hal umum yang pasti harapan orang ketika mereka sudah menerapkan literasi baca tulis adalah anak yang sudah mengenali bentuk dari bacaan dan cara menulis yang baik, ini sebagai upaya orang tua untuk anak giat dalam melaksanakan literasi baca tulis. Persepsi orang tua tentang literasi baca tulis yang baik, akan mempengaruhi kemampuan literasi anak khususnya anak yang berada pada usia (5-8) tahun, pemberian buku bacaan yang memadai (manarik perhatian anak), waktu orang tua untuk mendampingi anak, dan juga mood anak yang baik akan berdampak baik pula pada kemampuan literasi nya.


Keywords


Persepsi Orang Tua; Literasi Baca Tulis; Anak Usia (5-8) Tahun

References


Aisyah, S., Ulfah, S. M., & Harianto, D. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Awal Anak Usia Dini Di Kelurahan Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saidfuddin Jambi).

Amalia, R., & AH, N. M. (2019). Peran Orang Tua dalam Pengenalan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 223-242.

Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 1-16.

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23-31.

Herawati, M. (2019). Karakteristik belajar anak usia dini dalam perspektif islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.

Malik, M. S., & Maemunah, M. (2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati). JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 6(2), 195-214.

Nurjaman, I., & Rachmi, T. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Pemerolehan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(2), 82-90.

Piasta, S. B., Farley, K. S., Mauck, S. A., Soto Ramirez, P., Schachter, R. E., O'Connell, A. A., ... & Weber-Mayrer, M. (2020). At-scale, state-sponsored language and literacy professional development: Impacts on early childhood classroom practices and children’s outcomes. Journal of Educational Psychology, 112(2), 329.

Rahman, A., Marpaung, E. P., Lubis, H. F., Sinaga, M. N. F., & Nawawi, Z. M. (2021). Pengembangan Literasi Dasar dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis pada Anak Usia Dini di Perumahan Indah Permai Desa Petatal. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 674-680.

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 4(1 Extra), 1-7.

Surya, S. (2019). Studi kasus tentang minat baca anak.

Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1).

Wijayanti, S. H. (2020). Membangun siswa literat melalui edukasi dan proyek literasi. Riau Journal of Empowerment, 3(3), 127-137.

Yatun, S., & Salehudin, M. (2020). Persepsi Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Disiplin Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Carolina, H. S., Setiawan, T. A., Dewi, A. F., & Sari, T. M. (2019). Rumah baca maja: peningkatan literasi sains remaja desa maja kecamatan marga punduh, pesawaran. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 343-357




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.19056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter