• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI BATUSANGKAR, TANAH DATAR | Yuningsih | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI BATUSANGKAR, TANAH DATAR

    Restu Yuningsih, Helena Juwita, Wilda Fathia

    Abstract


    Latar Belakang dalam penelitian ini adalah terkait dengan kemampuan berfikir kritis anak yang belum berkembang dengan baik, dapat dilihat dari kemampuan anak dalam memecahkan masalah masih rendah, kemampuan anak dalam menemukan konsep sebab akibat dan metode pembelajaran terbilang monoton. Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental design, dengan tipe one group pretest-posttest design, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak kelas B TK Pertiwi Batusangkar dan didapatkan kelas B2 sebagai sampel sebanyak 13 anak. Tekhnik analisis data yang digunakan dengan cara membandingkan hasil rerata pre-test dan posttes kelompok eksperimen dengan cara  menguji statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan metode discovery learning. Hal ini terlihat dari tabel hasil penelitian masing-masing subjek penelitian bahwa metode discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5-6 tahun sebesar 25,67. Berdasarkan analisis perhitungan statistik melalui taraf signifikan 1% terlihat to lebih besar tt maka hipotesis alternatif (ha) diterima artinya metode discovery learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian dapat bermanfaat untuk kepala sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya.


    Keywords


    Discovery Learning Method, Critical Thinking Ability, Early Childhood

    References


    Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT). Unissula Press.

    Anggreani, C. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 343–361. https://www.neliti.com/id/publications/117882/peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-melalui-metode-eksperimen-berbasis-lingkun

    Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.

    Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

    Hidayat, T., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Jurnal Pendidikan Unsika, 7(1), 1–9.

    Hidayati. (2021). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini di Era Digital. Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 525–536.

    Illahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discover Strategy & Mental Vocational Skill. Pustaka Pelajar.

    Junita, R., Chientya, & Putrie, A. R. (2021). Upaya Pengenalan Warna Dengan Menggunakan Media Permainan Kartu Warna Pada Anak Bimba AIUEO Graha Kalimas 4 Tambun. Research and Development Journal of Education, 7(2), 525–531. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11241

    Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Perdana Mulya Sarana.

    Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

    Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id

    Nugrahaeni, A., Wayan Redhana, I., & Made Arya Kartawan, I. (2017). Pendidikan Kimia Indonesia 23 Amallia Nugrahaeni, I Wayan Redhana, I Made Arya Kartawan. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

    Qurniati, D., Andayani, Y., & Muntari. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. E-Journal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 58–69.

    Rahmasari, T., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 41–48.

    Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Childhood Education), 5(1), 1–10. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/JCE

    Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 1(1), 371–380. https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2597

    Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.

    Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Cv.

    Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Cv.

    Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

    Yuningsih, R., & Wahyuni, S. (2021). Permainan Tradisional Benteng Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun DI Jorong Cubadak. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 8(2), 153-162.

    Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.19094

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter