KOLABORASI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP DASAR PAUD MENGGUNAKAN METODE FLIPPED CLASSROOM
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mahasiswa dalam berkolaborasi untuk memecahkan suatu pertanyaan, tidak terlibat aktif dalam kelompok untuk menyajikan materi yang didapatkan, dan belum maksimal mengungkapkan pendapat saat berdiskusi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kolaborasi mahasiswa pada pembelajaran konsep dasar PAUD menggunakan metode flipped classroom.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, terdiri dari II siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2022/2023, yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa PG-PAUD Universitas Adzkia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan tujuan penelitian maka analisis data penelitian ini adalah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator berkolaborasi dalam memecahkan suatu pertanyaan dalam pembelajaran mengalami peningkatan sebesar (81,25%). Indikator berkolaborasi dalam kelompok untuk menyajikan materi yang didapatkan secara mandiri (83,3%) dan indikator mengungkapkan pendapat dalam berkelompok pada saat berdiskusi (85,41%).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Apriyono, J. (2013). Collaborative learning: A foundation for building togetherness and skills. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 292–304.
Arikunto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Chan, F., Kurniawan, A. R., . N., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749
Fahmi, A. N., Pendidikan, P. T., Negeri, U., Maret, S., Videoscribe, S., Info, A., & Videoscribe, S. (2020). edagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. 2, 17(03), 229–238.
Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122
Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Petik, 6(2), 45–50. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.859
Khofifah. (2021). Model Flipped Classroom Dan Discovery learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis.
Magfirah, M., Ahmar, D. S., & Sangkota, V. D. A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Flipped Classroom Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Dan Kemampuan Scientific Argumentation. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 290. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.11564
Nadhiroh, P. S., & Trilisiana, N. (2020). Keterampilan kolaborasi mahasiswa teknologi pendidikan dalam mata kuliah kewirausahaan berbasis proyek. Epistema, 1(1), 23–30. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32322
Paper, C., Asari, A. R., Malang, U. N., Timur, J., View, C. T., & View, A. (2016). Keterampilan Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013 Edisi ... September.
Paristiowati, M., Cahyana, U., & Bulan, B. I. S. (2019). Implementation of Problem-based Learning – Flipped Classroom Model in Chemistry and Its Effect on Scientific Literacy. Universal Journal of Educational Research, 7(9 A), 56–60. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071607
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis keterampilan berkolaborasi siswa sma pada pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 1–15. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/18989
Ramadhani, W. P., Molle, J. S., Sabandar, V. P., Matematika, S. P., & Pattimura, U. (2022). Pengenalan Flipped Classroom Pada Blended Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sma Di. 2(5), 160–166.
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.19317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785