• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA (5-6) TAHUN DI DESA SUKANEGERI, OGAN KOMERING ULU TIMUR | Lestari | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    ANALISIS KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK USIA (5-6) TAHUN DI DESA SUKANEGERI, OGAN KOMERING ULU TIMUR

    Yunisha Ayu Lestari, Rukiyah Rukiyah

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman dan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak  usia 5-6 Tahun di desa Sukanegeri, Ogan Komering Ulu Timur. Lalu riset ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Kemudian data yang sudah didapatkan dari lapangan dilakukan reduksi data, dengan bentuk penyajian data berupa uraian yang jelas dan singkat, serta penarikan kesimpulan data melalui teknik keabsahan data yang menggunakan triangulasi teknik. Subjek pada penelitian ini yaitu anak usia (5-6) tahun di Desa Sukanegeri, Ogan Komering Ulu Timur. Hasil penelitian menyatakan bahwa penguasaan dan pemahaman terhadap kosakata bahasa Indonesia pada anak perlu dibiasakan berkomunikasi dengan menggunakan kosakata bahasa Indonesia dari kecil dengan tidak mencampuri kosakata bahasa lain terlebih dahulu atau bisa juga orang tua untuk menggunakan penerapan monolingual acquisition atau bahasa pertama dengan bahasa Indonesia supaya anak lebih paham dan menguasai kosakata bahasa Indonesia nantinya.


    Keywords


    Kosakata, bahasa Indonesia, bahasa pertama

    References


    Ahmad, O. J. (n.d.). Desain Penelitian Analisis Isi ( Content Analysis ). 5.

    Alhamid, T. B. A. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. In Resume (p. 4). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong

    Arifuddin, A., Ratnawati, I. I., & Prasetya, K. H. (2018). Pemerolehan Kosakata Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Tunarungu Kelas I Di Sdlb B Negeri Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018 (Kajian Psikolinguistik). Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.32

    Anak, P., Tahun, U., & Lestari, I. (2018). ANALISIS AWAL KEMAMPUAN BERCERITA INITIAL ANALYSIS OF STORY-ABILITY. 13(2), 165–177.

    Aziez, F. & F. A. (2019). KOSAKATA (A. S. Nugroho (ed.)). UM Purwekerto Press.

    Bahasaanak, P., & Dini, U. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Teknik Pengembangan Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 459–479. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7600

    Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067–2077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951

    Ch, H., & Susilowati, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Sintaksis Arab 2 (Nahwu 2) Dengan Pendekatan Kontekstual Budaya Lokal Berbasis Wisata Nusantara Pada Perguruan Tinggi. Al-Ma’rifah, 15(02), 200–218. https://doi.org/10.21009/almakrifah.15.02.10

    Dinda, C. (2018). Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual di Taman Kanak – Kanak Asaalam 1 Sukarame Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

    Emaslim Arios. (2021). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 040551 LAU PAKAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020, 5(2), 1–4. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018

    Evy, C., Widyahening, T., Feri, ?, & Sufa, F. (2022). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135–1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1341

    Kase, S. (2019). Penerapan Semantik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 3 Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 145. https://doi.org/10.32884/ideas.v6i2.195

    Khotimah, K. (2021). Pengaruh Bahasa Baku Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 7-8 Tahun. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 206. https://doi.org/10.30651/lf.v5i2.4051

    Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. KENCANA.

    Muthmainnah, Ery, & Munira. (2018). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DIALEK MAKASSAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 6 Maros: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya, 6(2), 230–239.

    Nasra and B.P Aswir. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DALAM BERBICARA MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA SAWANG. 02(02).

    Ni’mah, Nurul Khosyamsiatun., Dini Rakhmawati., L. S. (2020). Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Anak Usia 5 -6 Tahun Di TK Dharma Wanita Karangsari. 16(2), 14–28.

    NLS Ernawati, I. R. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 9(2), 103–112.

    Nur fadly hermawan, kuswoyo, wildan nafi’i. (2021). Fonetik: Artikulatoris, Akustis Dan Auditoris Serta Pengajarannya. El Wahdah, 2(1), 1–13. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/article/view/4491/3256

    Nurhadijah, N., Rahma, R., & Salpina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(2), 59–64. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1156

    Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini.

    Rahman, A. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 Sd Inpres Maki Kecamatan Lamba-Leda Kabupaten Manggarai. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 71–79. https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a3.2016

    Rahmawati, W. (2017). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Big Bookuntuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Di Paud Ibnu Sina Beurabung Aceh Besar. 170205043, 1–127.

    Rianita Kurniawati, Komara Mulya, & Cut Erra Rismorlita. (2020). Analisis Pragmatik Terhadap Penggunaan Interjeksi Penanda Impresi Terkejut Dalam Komik Detektif Conan Karya Aoyama G?sh?. Jurnal Kagami, 11(1), 90–111. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/view/17302

    Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitan Pendidikan). Bandung:Alfabeta.

    Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

    Tarigan, H. G. (1998). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Angkasa:Bandung.

    V.Caroline , a), N. A. Suryani, R. P. S. (2022). UPAYA MENINGATKAN KOSA KATA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI (Studi Kasus di Raudatul Atfal (RA) An Nahwan Kota Bengkulu) V.Caroline. 1(1), 23–26.

    Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v10i1.19907

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter