MEDIA POP UP BOOK MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECK MATERI TATA CARA BERWUDHU UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Salah satu tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun yaitu mengerjakan ibadah dalam pembelajaran tata cara berwudhu. Tetapi dalam pembelajaran masih kurangnya keterampilan anak dalam berwudhu, hal tersebut disebabkan karna variasi media yang masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media popupbook menggunakan adobe after effect pada materi tata cara berwudhu untuk anak kelompok B yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasidan evaluasi. Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi para ahli, one-to-one, dan small group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi 86% kategori sangat valid, validasi media 100% kategori sangat valid dan bahasa 88% kategori sangat valid. Dari ketiga validasi diperoleh hasil rata-rata 91% dengan kategori sangat valid. Sedangkan skor kepraktisan diperoleh rata-rata presentase sebesar 89% kategori sangat praktis. Sehingga disimpulkan bahwa media popupbook menggunakan adobe after effect materi tata cara berwudhu telah teruji valid dan praktis serta layak digunakan sebagai media pada pembelajaran di TK pada anak kelompok B.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pada Kemampuan Kogitif di TK. Universitas Sriwijaya.
Ahmad, I., & Amri, S. (2019). Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. PT. Prestasi Pustakarya.
Akmal, A. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Menigkatkan Kemampuan Berwudhu Pada Kelompok B3 Tk Islam Ylpi Marpoyan. Generasi Emas, 1(1), 62. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2257
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329
Budianti, Y., Putriani, U., & Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Mushtofawiyah. Raudhah, 8(2), 33–47. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i2.781
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cahyani, D. D., & Sari, M. M. K. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. 73–86.
Cahyani, R. P., Samawi, A., & Maningtya, R. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book Audiovisual Tentang Tata Cara Berwudhu Untuk Anak TK Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 117–122. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28281
Cahyati, N., Syafdaningsih, & Rukiyah. (2018). Pengembangan Media Interaktif Dalam Pengenalan Kata Bermakna Pada Anak. 9(2).
Enterpise, J. (2018). Adobe After Effects Komplet. PT. Elex Media Komputindo.
Hasanah, U. (2018). Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.91-116
Idhartono, A. R. (2020). Keefektifan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Tunagrahita Ringan di SLB. Literatus, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.37010/lit.v2i1.19
Juniantoro, S. (2021). Literasi Digital dalam Tantangan Pendidikan Abad 21. NEM.
Koroh, T. D., Adu, M., Pairikas, F., Tandjung, F. L., Yusuf, Y., Hendrik, C., Fomeni, M. M., Yulisty, O., Mone, D., Sole, A., Kaho, M., & Timur, N. T. (2023). Pemberdayaan Guru Pendidikan Agama Kristen melalui Pelatihan Membuat Media Pop-Up Book di Daerah 3T. 4(1), 227–238. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.1904
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadits, Syariah Dan Tarbiyah, 03(1), 171–187.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135
Septiana, N., Utamia, N. C. M., & Suntariaa, Y. (2023). Pengembangan majalah elektronik berbasis kontekstual dalam muatan pelajaran ips kelas v sekolah dasar. 3(April), 40–48.
Siregar, A., & Rahmah, E. (2018). MODEL POP UP BOOK KELUARGA UNTUK MEMPERCEPAT KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR Annisarti. September, 10–21.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Suryani, N., Haenilah, E. Y., & Sasmiati, S. (2018). Model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dalam kaitannya dengan pemahaman konsep sains anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857
Umayah, S. (2018). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Nilai-nilai dan Normal anak usia 5-6 Tahun di Tman Kanak-kanak Kemala Sukarame Bandar Lampung. In Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v10i1.19982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785