• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • METODE MENGGAMBAR BEBAS DENGAN MEDIA KUAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KOTA PALEMBANG | Padillah | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    METODE MENGGAMBAR BEBAS DENGAN MEDIA KUAS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KOTA PALEMBANG

    Ines Jelita Padillah, Hasmalena Hasmalena

    Abstract


    Masa 0-6 tahun adalah masa terbentuknya pengembangan enam aspek perkembangan anak yang meliputi kemampuan kognitif, bahasa, fisik motorik, sosio emosional, bahasa, dan seni pada anak usia dini. Proses berpikir kreatif merupakan salah satu bentuk dari aspek kognitif. Proses ini merujuk pada usaha individu untuk menghasilkan solusi atau produk kreatif. Salah satu upaya dalam meningkatkan kreativitas anak yaitu melalui metode menggambar bebas. Menggambar bebas membuat imajinasi anak berperan sebagai kemampuan berfikir yang dapat merujuk pada sejauh apa tingkat kreativitas anak berkembang. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode menggambar bebas dengan media kuas di kelompok B TK Negeri Pembina 7 Palembang. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media kuas pada aktivitas menggambar bebas dapat meningkatkan kreativitas anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kondisi awal kreativitas anak kelompok B3 berada pada kategori berkembang sangat baik sebelum tindakan dilakukan mencapai  11,11%, meningkat menjadi 27,78% pada tindakan siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%.


    Keywords


    Kreativitas, Menggambar bebas, Anak Kelompok B3

    References


    Ariyanti, E. (2020). Penggunaan Flashcard Emoji Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Tk A Sartiasari Surabaya. MOTORIC: Media of Teaching Oriented and Children, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31090/m.v4i1.1021

    Eka Rahmawati, Fitriah Hidayati, E. (2021). Meningkatkan Kreativitas Melalui Pemanfaatan Bahan Bekas pada Anak Kelompok B TK IT Aneuk Meutuah Belia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/558/226

    July, J. (2020). Penilaian Kreativitas Anak melalui Metode Bermain. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 79–84. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.154

    Mulyani, N. (2019). MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI (Nita Nur M (ed.); Cetakan pe). PT REMAJA ROSDAKARYA.

    Mustafa, P. S. dk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Malang.

    Mutmainah, Y. (2023). Identivikasi Kreativitas Anak Usia (4-5) Tahun Dalam Menggambar Bebas Di Kelurahan Gunung Ibul Barat Kota Prabumulih. Universitas Sriwijaya.

    Novi Yanti, S., & Mayar, F. (2021). Analisis Menggambar Doodle Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2138–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2018

    Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3672

    Nurjanah, N. E., & Wahyuseptiana, Y. I. (2018). the Aplication of Playing Based on Reggio Emilia’S Approach To Stimulate Early Childhood Creativity. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 555–561. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23600

    Purnama, S., Hardiyanti, P., Prima, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Anak Usia Dini. PT REMAJA ROSDAKARYA.

    Rahmizul, D. T. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUIMETODE BERMAIN DENGAN BARANG BEKAS PADAANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DAAR ALFALAHTANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2018-2012.

    Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888–894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

    Soegiarto, D. (2022). PELATIHAN KEPEMIMPINAN YANG KREATIF DAN INOVATIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MURIA KUDUS. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(6). https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/download/2527/1758

    Sulaiman Saat, S. M. (2020). PENGANTAR METODOLIGI PENELITIAN. PUSTAKA ALMAIDA.

    Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018

    Sutrisno, A., & ivanka Yudistira, U. A. (2021). Pentingnya pendidikan anak di usia dini. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat%0AE-ISSN:

    Taher, S. M., & Munastiwi;, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthiin Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2567

    Wasis, S. (2022). PENTINGNYA PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD). JURNAL ILMU PENDIDIKAN:Pedagogy, 09(02). https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078

    Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899

    Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, V(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v10i1.20871

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter