MANAJEMEN SEKOLAH INKLUSIF DITINJAU DARI KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI PENDIDIK DI TK AL USWAH PAMEKASAN

Denok Dwi Anggraini, Nisa'el Amala

Abstract


Sekolah inklusif dalam pelaksanaannya menyediakan layanan pendidikan kepada anak yang berbeda-beda dikelas regular. Guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing seyogyanya memiliki kualifikasi tinggi dalam menangani anak berkebutuhan khusus, sehingga anak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bakatnya. Selain itu guru seharusnya memenuhi kompetensi. Baik itu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan manajemen sekolah inklusif yang ditinjau dari kualifikasi dan kompetensi guru PAUD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sangat penting dalam manajemen sekolah inklusi, mulai dari perencanaan, yaitu perekrutan guru pendamping khusus yang mempunyai kualifikasi di bidang S1 PGPAUD dan Pendidikan Luar Biasa. Pengorganisasian pada manajemen sekolah inklusif di TK Al Uswah lebih difokuskan pada pembagian tugas guru di masing-masing kelas inklusi. Pelaksanaan yaitu menjalankan sesuai dengan perencanaan, dalam hal ini pemilihan kualifikasi pendidik dan kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik inklusi, diantaranya kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan sosial. Sedangkan pengawasan yaitu melakukan kegiatan supervisi setiap satu bulan sekali pada proses pembelajaran di kelas.


Keywords


Sekolah Inklusif, Kualifikasi, Kompetensi Pendidik.

References


Abdulmuid, Muhibbuddin. 2013. Manajemen Pendidikan. Batang: Pengging Mangkunegaraan.

Alfian. 2013. “Pendidikan Inklusif Di Indonesia.” Edu-Bio 4.

Almanshur, F & Ghony, D. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Anggita Sakti, Syahria. 2020. “Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia.” Jurnal Golden Age 4(02):238–49. doi: 10.29408/jga.v4i02.2019.

Arikarani, Yesi. 2019. “Analisis Eduitainment Dan Brain Based Learning Perspektif Psikologi Pembelajaran Pai Dan Agama.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 14(1):125. doi: 10.21043/edukasia.v14i1.4915.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2008. “Policy Brief, Sekolah Inklusif Membangun Pendidikan Tanpa Diskriminasi.”

Hermanto. 2010. “Penyelenggaraan Pend Inklusif Membuthkan Keseriusan Sekolah.” Jurnal Pendidikan Khusus 6(1).

Kemendikbud. 2011. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Direktorat PPK-LK, Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Matwaya, A. M., & Zahro, A. 2020. “Konsep Spiritual Quotient Menurut Danah Zohar Dan Ian Marshall Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3(2):41–48.

Maulipaksi, D. 2017. “Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.” Retrieved (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/02/sekolah-inklusi-dan-pembangunan-slb-dukung-pendidikan-inklusi).

Miles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pemerintah RI. 2005. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” Produk Hukum.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun. 2007. Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.

Rachmayana, Dadan. 2013. Diantara Pendidikan Luar Biasa, Menuju Anak Masa Depa Yang Inklusif. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Rasmitadila. 2019. Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Bogor: Rajagrafindo Persada.

Shofa, Mila Faila. 2018. “Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi Di PAUD Inklusi Saymara Kartasura.” At-Tarbawi 3:107.

Sirojuddin, Ikramullah Akhmad. 2020. “Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2):131–39.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, M. S. 2019. “Pengelolaan Pendidikan Inklusif Di Madrasah.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17(2).

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

UU RI. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum 6.

Wahyudin, D. 2007. Materi Pokok Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, K. Sri Kusuma, dkk. 2020. “Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SDN 20 Mataram.” Progres Pendidikan 1(2).

Zulaikhah, D, Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. 2020. “Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 1:54–71.




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v10i1.21132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter